Kenali 10 Manfaat Minuman Probiotik Untuk Kesehatan

Siapa sangka minuman probiotik memiliki banyak manfaat baik?

Kenali 10 Manfaat Minuman Probiotik Untuk Kesehatan

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Probiotik adalah bakteri baik yang apabila dikonsumsi akan bermanfaat bagi kesehatan. Probiotik yang biasanya dapat kita dapatkan dari tablet suplemen makanan, kini bisa didapatkan dari minuman yang difermentasi. 

Dikutip dari Medical News Today, probiotik bermanfaat untuk sistem pencernaan, kesehatan vagina, pencegah kanker, maupun pencegah penyakit jantung. Simak manfaat minuman probiotik yang akan kamu dapatkan jika kamu mengonsumsinya.

Mengenal minuman probiotik

Ilustrasi sumber minuman probiotik
Ilustrasi sumber minuman probiotik (freepik.com/freepik)

Sesuai dengan namanya, minuman probiotik adalah minuman yang mengandung bakteri probiotik. Minuman ini biasanya melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan bakteri baik yang bagus jika dikonsumsi.

Bedasarkan Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan minuman probiotik memiliki beberapa jenis bakteri baik, seperti Lactobacillus, Bifidobacteria, Streptococcus thermophilus, dan Saccharomyces. Bakteri ini dapat membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan bahkan sampai meredakan jerawat. Berikut merupakan sumber minuman probiotik:

  • Yoghurt
  • Kombucha
  • Susu Almond
  • Kefir atau Susu Fermentasi
  • Kanji
  • Susu Mentega Tradisional.

Manfaat minuman probiotik

Ilustrasi probiotik dalam usus (
Ilustrasi probiotik dalam usus (freepik.com/macrovector)

Selain rasanya yang lezat, minuman probiotik juga memiliki banyak manfaat di dalamnya. Minuman ini akan sangat membantu kesehatan kamu, jika kamu meminumnya dengan cukup. Berikut merupakan manfaat minuman probiotik yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Mengonsumsi probiotik dapat menghasilkan bakteri yang baik untuk kesehatan. Selain itu, probiotik juga terbukti dalam meningkatkan antibodi alami yang ada di dalam tubuh, dengan meningkatkan sel kekebalan, seperti sel penghasil IgA, limfosit T, dan sel pembunuh alami yang baik untuk menjaga ketahanan tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Miniman probiotik dapat menumbuhkan bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri baik ini akan melawan bakteri jahat yang ada pada sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi minuman probiotik secara rutin, bakteri baik yang terdapat di usus akan meningkat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan.

3. Mencegah terjadinya peradangan pada usus

Mengonsumsi minuman probiotik bermanfaat dalam mengatasi peradangan. Hal ini disebabkan karena proses fermentasi yang ada di dalam pebuatan minuman probiotik akan menghasilkan mikroorganisme yang baik dan dapat memberikan manfaat antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan.

4. Meredakan diare

Diare biasanya disebabkan oleh penggunaan antibiotik. Hal ini dikarenakan antibiotik dapat berdampak pada keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus. Dengan mengonsumsi minuman probiotik maka bakteri baik yang ada di usus akan bertambah, sehingga dapat meredakan diare.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Siapa sangka dengan minum suplemen probiotik selama delapan minggu terbukti bisa buat mood lebih baik dan berdampak ke tubuh juga. Selain mood yang lebih terkendali, penanda peradangan, sep

erti protein C-reaktif dan hormon insulin juga akan turun jika dibandingkan yang tidak meminum probiotik. 

Baca Juga: Rahasia Kalori, Kandungan, serta Manfaat dalam Tahu 

6. Menjaga fungsi jantung

Meminum minuman probiotik dapat berdampak pada penurunan tekanan darah. Selain itu, minuman probiotik juga terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang dapat menjadi faktor utama dari timbulnya penyakit jantung.

7. Membantu menurunkan berat badan

Dengan mengonsumsi minuman probiotik kamu dapat mencegah penyerapan lemak dari makanan. Hal ini menyebabkan lemak yang dikonsumsi oleh tubuh langsung dibuang melalui feses. Tak heran, jika banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan probiotik.

8. Menjaga kesehatan vagina

Minuman yang memiliki kandungan probiotik memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan vagina. Keberadaan bakteri baik yang diciptakan oleh minuman fermentasi ini dapat membantu dalam menjaga kestabilan dan melindungi vagina dari infeksi.

9. Menjaga pertumbuhan dan perkembangan anak

Bakteri baik yang diciptakan di minuman probiotik dapat  menciptakan lingkungan usus yang sehat. Hal ini dikarenakan nutrisi yang ada di usus terserap sempurna. Dengan penyerapan nutrisi yang baik, tentu akan berdampak baik pula pada pertumbuhan serta perkembangan anak.

10. Melindungi gigi dan gusi

Adanya bakteri baik yang tercipta oleh minuman probiotik dpat melindungi gigi dan gusi dengan melindungi keseimbangan  bakteri yang ada di mulut. Bakteri baik akan melawan bakteri jahat yang akan menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit pada gusi.

Minuman probiotik ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, terutama pada sistem pencernaan. Tidak salah jika kini minuman probiotik menjadi salah satu minuman yang kini disoroti masyarakat. Kamu juga bisa mencoba merasakan manfaat dari minuman probiotik dengan mengonsumsi minuman probiotik yang sudah disarankan di atas.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Kamu akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang menarik untuk diketahui.

Baca Juga: 10 Manfaat Luar Biasa Makanan Probiotik untuk Kesehatan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

laily puspitasari

laily puspitasari

Jus Jambu Susu Kefir

Jus Jambu Susu Kefir

(5.0)

5 langkah

848

Artikel Lainnya di nutrisi