10 Manfaat Luar Biasa Makanan Probiotik untuk Kesehatan

Bukan hanya untuk pencernaan, Makanan ini juga baik untuk ke

10 Manfaat Luar Biasa Makanan Probiotik untuk Kesehatan

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Saat ini, sudah banyak masyarakat yang sadar akan kesehatan. Makanan probiotik yang dulunya tidak terlalu dilirik, kini menjadi sorotan. Beberapa makanannya pun kini mudah dijumpai, seperti tempe, acar, yogurt maupun tapai. Tidak hanya lezat di mulut, makanan ini juga memiliki banyak  manfaat. Berikut adalah manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsinya.

Mengenal makanan probiotik

Ilustrasi tempe probiotik
Ilustrasi tempe probiotik (freepik.com)

Makanan probiotik merupakan hasil makanan yang sudah difermentasi atau diawetkan menggunakan ragi ataupun bakteri.

Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi pencernaan. Bakteri baik ini memiliki peran penting, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol sampai mencegah kanker. Nah, ada beberapa contoh makanan probiotik yang bisa Sobat Yummy konsumsi, seperti:

  • Tempe
  • Tapai Singkong
  • Acar
  • Keju
  • Kimchi
  • Miso
  • Natto.

Manfaat makanan probiotik

Ilustrasi sumber makanan probiotik
Ilustrasi sumber makanan probiotik (freepik.com/Grafvision)

Makanan probiotik kini tidak hanya memberikan kelezatan, tetapi juga menawarkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut merupakan manfaat makanan probiotik yang sangat baik jika kamu konsumsi.

1. Menurunkan kolesterol

Probiotik juga bisa membantu dalam mengurangi kolesterol jahat. Probiotik sendiri memiliki peran dalam menguraikan empedu yang berupa cairan kolesterol. Hal ini akan menyebabkan empedu tidak akan terserap oleh usus dan berubah menjadi kolesterol dalam darah.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sumber makanan probiotik memiliki manfaat bagi sistem imun, di mana mereka akan menyiptakan bakteri baik yang berguna untuk melawan bakteri jahat yang ada di tubuh. Tak hanya itu, probiotik juga berperan dalam membantu sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel dendritik, makrofag, limfosit T dan limfosit B.

3. Menurunkan berat badan

Dengan mengonsumsi makanan probiotik dapat bermanfaat dalam mencegah penyerapan lemak dari makanan. Hal ini menyebabkan lemak yang dikonsumsi oleh tubuh langsung dibuang melalui feses. Tak heran, jika banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan probiotik.

4. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Makanan probiotik memiliki peran dalam menambah jumlah bakteri baik pada usus. Kebiasaan makan yang salah menjadi salah faktor yang mengakibatkan tumbuhnya bakteri jahat pada usus. Jika kamu mengonsumsi makanan probitik, bakteri baik yang tumbuh pada usus akan melawan bakteri jahat yang disebabkan kebiasaan tersebut.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Siapa sangka makanan probiotik tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapibaik juga untuk kesehatan jantung. Makanan probiotik sendiri dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang menjadi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Minuman Probiotik Untuk Kesehatan

6. Mengatasi peradangan

Dengan mengonsumsi makanan probiotik, kamu akan mendapat manfaat dalam mengatasi peradangan. Hal ini disebabkan karena proses fermentasi yang ada di dalam pebuatan makanan probiotik akan menghasilkan mikroorganisme yang baik dan dapat memberikan manfaat antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan.

7. Mengatasi dan mengatasi diare antibiotik

Mengonsumsi antibiotik bisa menyebabkan diare. Hal ini dikarenakan oleh, antibiotik bisa mematikan bakteri yang ada di usus, termasuk bakteri baik. Dengan mengonsumsi makanan probiotik, kamu bisa mengurangi risiko dari diare yang terjadi karena mengonsumsi antibiotik.

8. Meredakan sindrom iritasi usus

Probiotik terbukti memiliki peran dalam menambah jumlah bakteri baik di dalam usus. Hal ini tentunya akan sangat membantu ketika kamu terkena IBS atau Sindrom Iritasi Usus, yang mengakibatkan sembelit atau diare. Dengan banyaknya bakteri baik yang ada pada usus akan membantu untuk melawan bakteri jahat yang menyebabkan penyakit tersebut.

9. Memelihara kesehatan jantung

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, probiotik juga memiliki peran dalam menjaga tekanan darah. Hal ini juga ikut membantu dalam memelihara kesehatan kardiovaskular yang terdiri jantung dan pembuluh darah.

10. Baik untuk perkembangan serta pertumbuhan anak

Bakteri baik yang ada pada makanan probiotik berperan dalam sistem pencernaan yang tentunya juga akan berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Dampaknya, mengonsumsi makanan probiotik akan membantu menjaga kesehatan saat masa pertumbuhan anak.

Jadi, bagaimana Sobat Yummy?

Makanan probiotik ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, terutama pada sistem pencernaan. Tidak salah jika kini makanan probiotik menjadi salah satu makanan yang disoroti masyarakat. Kamu juga bisa mencoba merasakan manfaat dari makanan probiotik dengan mengonsumsi makanan yang sudah disarankan di atas.

Jika kalian ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kalian bisa download Yummy App karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang menarik untuk kalian ketahui.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Yogurt untuk Salad Buah yang Enak

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rini Dwi Astuti

Rini Dwi Astuti

Bingka Tapai Singkong

Bingka Tapai Singkong

(5.0)

60 mnt

2.1 rb

Artikel Lainnya di nutrisi