Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa serta Manfaatnya bagi Kesehatan 

Katanya, telur omega 3 lebih bergizi. Emang iya?

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa serta Manfaatnya bagi Kesehatan 

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Sobat Yummy sering memakan telur?

Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber protein hewani yang murah dan mudah dibuat. Protein satu ini memang menjadi salah satu favorit masyarakat. Telur juga sangat mudah untuk divariasikan dalam berbagai varian makanan. Kalau terigu punya terigu protein rendah makan telur juga punya telur omega 3. 

Telur sendiri memiliki 3 jenis, berawal dari telur ayam kampung, telur ayam organik, bahkan telur omega 3. Telur omega 3 sering disebut-sebut sebagai telur yang memiliki lebih banyak manfaat dari telur biasanya.

Harganya pun memiliki perbedaan lebih mahal dibandingkan dengan telur biasa. Perbedaan yang signifikan ini terjadi di dalam perawatan telur omega 3. Telur omega 3 adalah telur hasil dari induk ayam yang dirawat dan diberi makanan yang lebih banyak mengandung Omega 3.

Ingin lebih tahu apa sajakah perbedaan telur omega dan telur biasa? Simak informasinya berikut ini.

Baca Juga: Nutrisi Telur Rebus: Jumlah Kalori hingga Resep Olahan

Perbedaan antara Telur Biasa dengan Telur Omega 3

Ilustrasi telur omega
Ilustrasi telur omega (freepik.com/freepik)

Telur Omega sering disebut-sebut sebagai telur yang memiliki  harga yang lebih mahal dibandingkan dengan telur biasa. Tentunya hal itu terjadi bukan tanpa sebab bukan? Lalu, apa bedanya antara telur biasa dengan telur omega 3?

1. Perbedaan Fisik

Kuning Telur

Telur Omega 3 memiliki warna kuning telur yang lebih pekat dari telur biasanya, warnanya cenderung seperti orange. Ini dikarenakan telur omega memiliki kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur biasanya.

Putih Telur

Putih telurnya memiliki tekstur lebih kental dan ketika dimasak menjadi lebih padat jika dibandingkan dengan telur organik atau telur regular.

Cangkang Telur

Cangkang telur omega tidak mudah hancur atau pecah. Cangkang ini memiliki kandungan beta karoten sehingga membuat cangkang telur omega lebih keras dan tidak mudah pecah. Hal ini tentunya berpengaruh pada nutrisi di dalam telurnya yang lebih terjamin jika dibandingkan dengan telur lainnya

2. Perbedaan Nutrisi

Asam Lemak

  • Kuning telur reguler dan organik biasanya mengandung sekitar 1,3 persen asam lemak omega 3. Sementara, kuning telur omega 3 dapat mengandung  6 persen asam lemak omega
  • Kandungan asam lemak jenuh yang dimiliki telur omega,  adalah asam lemak jenuh terendah jika dibandingkan dengan asam lemak jenuh telur lainnya, sehingga ini membuat telur omega disebut-sebut menjadi telur yang paling bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan ALA dan DHA

Kandungan ALA dan DHA lebih banyak yang bermnfaat untuk merawat kekebalan tubuh terhadap infeksi bahkan iritasi jika dibandingkan dengan telur lainnya

3. Perbedaan Cara Ternak

Makanan

Ayam petelur yang memang diniatkan untuk menghasilkan telur Omega, diberikan pakan khusus yang mengandung asam lemak Omega 3, seperti minyak alga laut, minyak biji rami. Berbeda dengan ayam regular atau organik yang biasanya diberikan pakan bekatul atau biji-bijian.

Cara Merawat

Ayam Omega diberikan ruang yang luas supaya ayam memiliki lebih banyak ruang, ruangannya harus dibangun sedemikian rupa supaya tidak sempit dan lebih higienis. Ayam juga harus dijaga supaya tidak stress. Meskipun demikian, ayam petelur organik juga memiliki cara perawatan yang tidak jauh berbeda dengan ayam petelur omega dengan memberikan ruang agar ayam dapat lebih leluasa.

4. Harga Telur

Dikarenakan kandungan telur omega lebih banyak mengandung asam omega di dalamnya. Tak heran, jika kita menemukan bahwa telur omega lebih mahal dibandingkan dengan telur organik atau regular. Harga telur omega bisa 3 kali lipat lebih mahal jika dibandingkan dengan telur organik atau regular lainnya. Meskipun memiliki harga yang lebih mahal, memang kandungan nutrisi telur yang ada di telur omega jauh lebih tinggi dibandingkan dengan telur lainnya.

Manfaat Telur Omega

Ilustrasi manfaat telur
Ilustrasi manfaat telur (freepik.com/fabrikasimf)

Telur Omega memiliki perbedaan yang cukup signifikan di kandungan di dalamnya. Telur Omega-3 sendiri adalah  produk inovasi dari telur. Hal ini sudah sedari awal memang diracang untuk menaikkan nilai gizi pada telur, salah satunya adalah dengan memberikan pakan yang memiliki kandungan omega dengan harapan agar telur juga memiliki kandungan tersebut. Inovasi ini berhasil membentuk menjadi Telur Omega. 

Telur omega juga memiliki asam lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan telur organik atau telur regular lainnya. Hal ini tentunya membuktikan bahwa kandungan yang ada di Telur Omega jauh lebih baik dibandingkan dengan telur biasanya. Berikut merupakan contoh dari manfaat yang ada jika kamu mengkonsumsi telur omega.

  1. Mendukung perkembangan otak pada bayi
  2. Mencegah demensia pada orang yang lanjut usia
  3. Merawat Kesehatan maya
  4. Memiliki anti-inflamasi dan antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat terhindar dari bakteri
  5. Mencegah risiko jantung koroner
  6. Mengurangi stress
  7. Menurunkan trigliserida (lemak yang biasanya ditemukan dalam darah dan disimpan dalam jaringan lemak.

Cara merawat Telur agar tidak cepat busuk

Ilustrasi menyimpan telur
Ilustrasi menyimpan telur (freepik.com/freepik)

Ini merupakan beberapa tips merawat telur agar telur kamu tidak cepat busuk:

  1. Simpanlah telur menggunakan wadah di dalam rak kulkas. Hindari menyimpan telur di dekat pintu kulkas atau di tempat telur yang berada di kulkas. Hal ini dikarenakan kulkas akan sering dibuka tutup, sehingga menyebabkan telur akan lebih cepat busuk.
  2. Simpanlah telur dalam suhu ruang, menggunakan karton yang biasanya digunakan untuk menyimpan telur
  3. Simpan telur dalam posisi yang berbentuk runcing berada di atas. 
  4. Hindarkan menyimpan telur bersamaan dengan makanan yang memiliki bau menyengat.
  5. Jika ingin menyimpan telur dalam kulkas, jangan lupa untuk membawa karton atau egg tray  sebagai wadahnya.

Baca Juga: Kalori Telur Goreng dan Telur Rebus, Ini Perbedaannya! 

Jadi, bagaimana Sobat Yummy?

Ternyata telur omega memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Telur omega juga dapat diolah menjadi olahan telur yang tentunya akan membuat kita semakin lahap memakannya. Jika kalian ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kalian bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Riska Wijaya

Riska Wijaya

Telur Bumbu Merah

Telur Bumbu Merah

(5.0)

45 mnt

169

Artikel Lainnya di nutrisi