Apa Itu Mustard? Sejarah, Jenis, dan Manfaatnya

Kupas tuntas tentang mustard, yuk!

Apa Itu Mustard? Sejarah, Jenis, dan Manfaatnya

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Apakah kamu suka memesan sandwich atau hotdog? Biasanya, saus mustard disediakan sebagai cocolan untuk makanan berbahan daging.

Tapi, apa sebenarnya mustard itu? Bagaimana sejarah dan apa saja jenis-jenisnya? Mari bahas sampai ke manfaatnya!

Apa itu mustard dan asal-usulnya?

sejarah dan asal usul saus mustard
ilustrasi saus mustard (pexels.com/Milan)

Mustard adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi. Memiliki rasa yang agak melekit, seperti wasabi. Kemudian, dihaluskan dan ditambahkan air sehingga encer. Bahan-bahan lain juga dimasukkan sebagai penambah cita rasa.

Disebutkan bahwa mustard telah ada sejak tahun 3000 SM, bahkan mampu melewat era Romawi dan Yunani Kuno. Di abad ke-19, mustard dengan cita rasa lebih ringan tersebar di Amerika Serikat dan di abad ke-20 semakin meningkat jumlah konsumennya.

Baca Juga: ​Apa Itu Gochujang? Saus Merah Asli Korea yang Melegenda!

Jenis-jenis mustard

steak dengan saus mustard
ilustrasi steak dengan saus mustard (unsplash.com/Raphael Nogueira)

Ada berbagai jenis mustard yang masing-masing memiliki karakteristik dan rasa yang unik. Beberapa jenis mustard yang paling dikenal antara lain:

1. Yellow mustard

Mustard kuning adalah jenis yang paling umum di Amerika Serikat. Ini memiliki warna kuning cerah dan rasa yang agak manis dengan sedikit gigitan pedas. Bumbu ini sering digunakan untuk hot dog, sandwich, dan burger.

2. Dijon mustard

Dijon mustard berasal dari kota Dijon di Prancis. Ini memiliki warna kuning pucat hingga cokelat muda dan rasa yang lebih tajam dibandingkan mustard kuning. Dijon mustard sangat serbaguna dan digunakan dalam banyak hidangan Prancis.

3. Spicy brown mustard

Mustard ini adalah campuran dari biji mustard yang kasar dan halus, memberikan tekstur yang kaya dan rasa pedas yang kuat. Ini sering digunakan di hidangan yang memerlukan rasa lebih kuat seperti pretzel atau sosis bratwurst.

4. Honey mustard

Mustard madu adalah perpaduan antara mustard dan madu. Ini memberikan rasa manis dan sedikit pedas yang sempurna untuk salad, sandwich, atau sebagai saus pencelup.

5. Whole grain mustard

Biji mustard utuh tercampur dalam saus ini, memberikan tekstur yang unik dan rasa yang lebih kuat. Ini sering digunakan dalam hidangan Eropa seperti roasting.

6. Hot mustard

Mustard pedas adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang menyukai rasa sangat pedas. Ini digunakan dalam hidangan Asia dan memberikan rasa pedas yang kuat.

Ini dia ragam manfaat mustard

Saus mustard di dalam botol dengan latar tanaman
ilustrasi saus mustard (pexels.com/RDNE Stock Project)

Melansir Hello Sehat, berikut adalah berbagai macam manfaat kesehatan yang dihasilkan dari mustard, khususnya pada minyak.

1. Meredakan peradangan

Minyak mustard adalah obat alami yang mengandung allyl isothiocyanate, yang dapat meredakan peradangan pada sel-sel tubuh.

Minyak ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan asam alfa linoleat, yang membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan pada tubuh. Digunakan untuk radang sendi, pneumonia, bronkitis, dan psoriasis.

2. Meredakan gejala pilek dan flu

Minyak mustard membantu meredakan gejala gangguan pernapasan seperti batuk, hidung mampet, dan flu. Kamu bisa menggunakannya dengan mencampurkan minyak ini ke dalam salep atau krim pernapasan, atau menghirup uapnya melalui alat difuser.

3. Menjaga kesehatan jantung

Minyak mustard mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan gula darah, baik untuk kesehatan jantung.

Menggantikan lemak trans dengan asam lemak tak jenuh juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL). Gunakan minyak mustard sebagai alternatif dalam memasak, tapi hindari konsumsi berlebihan.

4. Meredakan nyeri

Minyak mustard mengurangi nyeri dengan mengurangi kepekaan saraf, seperti yang ditemukan dalam penelitian hewan. Namun, penggunaan pada kulit manusia perlu hati-hati karena bisa menyebabkan sensasi terbakar jika digunakan dalam jangka panjang.

5. Memperlambat pertumbuhan kanker

Minyak mustard dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada penelitian terdahulu kepada hewan. Meskipun kaya senyawa aktif, penggunaan minyak ini perlu hati-hati dalam aromaterapi karena bisa menyebabkan efek samping. Jadi, gunakan dengan bijak, ya!

Mustard adalah bumbu yang sudah dikenal sejak lama dan sering digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Berbagai jenis mustard memberikan manfaat kesehatan, dan bumbu ini telah mengilhami berbagai kreasi kuliner. Sehingga, kita bisa yakin bahwa mustard akan terus menjadi bagian penting dalam masakan di masa depan.

Baca Juga: 6 Resep Saus Spaghetti dan Cara Membuatnya yang Anti Ribet

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Welly Herlina

Welly Herlina

Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

(5.0)

20 mnt

recooks-0
Cartoon Foodie

Cartoon Foodie

Seafood Risotto Sanji Dari Anime "One Piece"

Seafood Risotto Sanji Dari Anime "One Piece"

(5.0)

5 langkah

526

Artikel Lainnya di tips