Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng Sederhana tapi Unik dan Menarik

Pelajari disini, hiasan super cantik untuk tumpeng HUT RI!

Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng Sederhana tapi Unik dan Menarik

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus mendatang. Banyak lomba yang mulai diadakan untuk memeriahkan hari besar tersebut. Mulai dari lomba khusus anak-anak, bapak-bapak, bahkan emak-emak.

Salah satu lomba untuk emak-emak yang selalu menjadi atensi lebih adalah menghias tumpeng. Pasalnya lomba ini mengandalkan kreativitasan lebih untuk menciptakan tumpeng yang indah dan eye catching.

Maka dibutuhkan berbagai garnish atau hiasan yang keren, untuk dihias dalam tumpeng. Tenang saja, kamu sudah sangat betul untuk mampir pada artikel dari Yummy App kali ini, mengenai cara membuat hiasan nasi tumpeng sederhana namun menarik dan beda dari yang lain. Yuk, langsung saja straight to the list!

1. Lily lobak

cara membuat hiasan tumpeng HUT RI
ilustrasi lily lobak (youtube.com/non onga)

Salah satu kondimen yang bisa kamu gunakan sebagai garnish untuk tumpeng, yakni lobak.

Cara membuat:

  1. Siapkan satu buah lobak segar, cuci dan kupas kulitnya. Kemudian ujung lobak dirapikan dengan dibuat lancip terlebih dahulu, seperti meraut pensil.
  2. Lanjut untuk membuat kelopak lily. Ditahap ini gunakan pisau khusus vegetable carving, atau cukup gunakan pisau kecil. Caranya, masih seperti meraut pensil, tapi saat ke bagian ujung jangan dilepas sehingga lobak yang dipotong tidak putus pada badan buah. Ulangi langkah tersebut mengelilingi badan buah. Jika sudah habis, secara perlahan lepaskan hingga semua kelopak lepas, tapi tetap menyatu satu sama lain.
  3. Beri warna pada lily lobak dengan direndam pada larutan pewarna makanan selama beberapa menit.
  4. Siapkan kacang panjang yang ditusuk pada tusuk sate untuk membuat tangkai, dan gunakan daun bawang sebagai daunnya.

2. Bunga pepaya

cara membuat hiasan tumpeng HUT RI
ilustrasi bunga pepaya (youtube.com/soim ahmad)

Tumpeng HUT RI harus kreatif! Tidak hanya sayuran, Sobat Yummy bisa menggunakan buah, lho, seperti papaya muda untuk dijadikan bunga yang cantik dan eye catching.

Cara membuat:

  1. Siapkan 1 buah pepaya muda, dan potong menjadi 2 bagian.
  2. Cuci bersih pepaya, untuk menghilangkan getahnya.
  3. Iris pinggiran pepaya memanjang hingga ke bawah untuk membuat kelopaknya. Ulangi step hingga habis memutari badan buah. Pastikan ketebalannya sama.
  4. Iris bagian dalam pepaya setelah kelopak pertama, posisi disela-sela kelopak pertama. Ketebalan lebih tipis dibanding sebelumnya. Ulangi step hingga ke tengah daging pepaya, potong dan buah bagian sisa yang sudah tidak bisa diiris.
  5. Rapikan setiap kelopak dengan pisau, membentuk kerucut di atas.
  6. Bagian kelopak tengah potong memanjang ke bawah, jangan sampai putus, untuk memberikan efek putik bunga.
  7. Lentikkan kelopak dan putik bunga, dengan mengeritingkannya menggunakan sumpit.
  8. Rendam bungan dengan air es, agar tetap segar.
  9. Kelopak pertama buat guratan tak beraturan dengan ujung pisau, kemudian warnai kelopak tersebut dengan pewarna makanan hijau menggunakan kuas. Untuk sisa kelopak, warnai dengan pewarna kuning, dan ujung putik gunakan pewarna merah muda.

Baca Juga: Filosofi Nasi Tumpeng dan Sejarahnya yang Harus Diketahui

3. Mawar merah putih

cara membuat hiasan tumpeng HUT RI
ilustrasi mawar merah putih (youtube.com/non onga)

Jika membuat tumpeng bertemakan HUT RI, tidak lengkap rasanya jika tidak membuat ornamen merah putih. Garnish satu ini menggunakan lobak.

Cara membuat:

  1. Siapkan lobak dan potong dengan lebar kurang lebih 6 cm, kemudian rapikan pinggir lobak.
  2. Buat layer pertama untuk kelopak, iris jangan sampai putus hingga melingkari badan lobak, selanjutnya iris layer kedua dibelakangnya secara perlahan agar tidak merusak kelopak pertama. Layer kedua dilepas secara hati-hati dan dibuang.
  3. Ulangi step, hingga badan buah lobak terisi layer kelopak sampai ke tengah.
  4. Larutkan pewarna makanan merah untuk merendam mawar lobak menjadi, sisahkan beberapa mawar lobak tidak diwarnai untuk mawar lobak yang putih.
  5. Efek daun bisa menggunakan kulit timun yang di-carving membentuk daun.

4. Huruf 'HUT RI 78'

cara membuat hiasan tumpeng HUT RI
ilustrasi huruf HUT RI 78 (youtube.com/non onga)

Dalam memperingati HUT RI, tidak lengkap rasanya jika tumpeng tidak di hias dengan huruf-huruf membentuk ‘HUT RI 78’.  Cara membuatnya tentu sangat mudah dan tak perlu cetakan huruf.

Cara membuat:

  1. Pertama merupakan langkah untuk membuat bidang atau tatakan untuk huruf-hurufnya. Siapkan timun yang panjang dan lurus.
  2. Cuci bersih timun, selanjutnya permukaan atas timun dirapikan sampai dirasa rata, dengan pisau kupas, tapi jangan dikupas hingga mencapai bagian bijinya. Kemudian pinggiran permukaan yang telah rata atau datar, dicongkel membentuk setengah lingkaran kecil, dari ujung ke ujung pinggiran timun.
  3. Untuk membuat hurufnya, kamu bisa gunakan wortel. Wortel yang telah bersih dipotong-potong sekitar 0,5 cm lebarnya. Potongan wortel dipotong lagi membentuk kotak. Lakukan carving secara hati-hati membentuk huruf "HUT RI 78".
  4. Susun huruf-huruf tersebut pada bidang timun yang telah dibuat.

5. Pohon panjat pinang

5. Pohon panjat pinang
illustrasi pohon panjat pinang (youtube.com/soim ahmad)

Hiasan yang ada di nasi tumpeng HUT RI, sangat bervariasi dan dibutuhkan kreativitas tinggi. Tidak hanya bunga-bungaan, Sobat Yummy juga bisa membuat ornamen bertemakan 17 Agustus, seperti pohon panjat pinang.

Cara membuat:

  1. Ambil wortel dengan ukuran kecil memanjang, kupas kulitnya dan potong kedua ujungnya agar rapi.
  2. Siapkan kacang panjang, potong kecil-kecil tidak melebihi korek api sebanyak 4 kali. Tusukkan kacang panjang tersebut pada tusuk gigi, dan tancapkan pada ujung wortel.
  3. Tambahkan kacang panjang yang baru dan belum dipotong, tancapkan melingkar pada ujung korek api yang ditusukkan pada kacang panjang kecil pada ujung wortel.

6. Mahkota tumpeng

cara membuat hiasan tumpeng HUT RI
ilustrasi mahkota tumpeng (youtube.com/soim ahmad)

Agar tumpeng tampil beda dan cantik, coba, deh, hias juga kerucut tumpengnya dengan membuat mahkota diatasnya.

Cara membuat:

  1. Siapkan lembar daun pisang dengan lebar 15 cm, kemudian gulung menjadi kerucut dan kunci menggunakan stapler. Rapikan pangkalnya dengan gunting, agar mahkota dapat berdiri tegak.
  2. Ambil lembar daun pisang baru dan potong dengan lebar 5 cm hingga 4 kali/lembar. Potong lembar daun pisang tersebut menjadi 2 bagian menjadi persegi panjang yang lebih kecil, lipat sisi kanan dan kirinya hingga membentuk segitiga, dan lipat kembali sisi kanan dan kiri.
  3. Lakukan hal yang sama hingga lembaran daun pisang yang dipotong habis. Kemudian susun pada kerucut mahkota, kunci dengan stapler. Susun hingga selesai.
  4. Ambil lembaran daun pisang baru dengan lebar 1 cm, dan susun mengelilingi kerucut dibagian bawah. Untuk finishing kamu bisa olesi mahkota dengan minyak sayur agar tampilan lebih mengkilat.

Cantik-cantik dan menarik bukan, Sobat Yummy! Coba semua hiasan di atas untuk mempercantik tumpeng HUT RI mu, ya!

Baca Juga: Model Tumpeng Nasi Kuning Terbaru yang Unik 2023

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

iikfatty

iikfatty

Tumpeng Sawut Merah Putih #RoadtoIMY

Tumpeng Sawut Merah Putih #RoadtoIMY

(5.0)

5 langkah

1.7 rb

Vhita Hani

Vhita Hani

Tumpeng Nasi Kuning Mini

Tumpeng Nasi Kuning Mini

(5.0)

5 langkah

recooks-0
recooks-1

Artikel Lainnya di tips