6 Rekomendasi Saus Coklat dan Cara Membuatnya

Untuk camilan dan hidangan kamu lebih nikmat

6 Rekomendasi Saus Coklat dan Cara Membuatnya

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Saus cokelat merupakan kondimen yang biasanya digunakan untuk pelapis, isian, dan topping pada makanan manis semacam es krim, roti, pancake, hingga buah-buahan. Saus cokelat terbuat dari cokelat bubuk, gula, susu, mentega, dan sebagainya.

Nah, kali ini Yummy App akan membagikan rekomendasi saus cokelat yang praktis dan lezat, serta resep saus cokelat yang mudah dibuat di rumah. Yuk, simak!

Baca Juga: Resep Saus Keju dan Tips Membuat Saus Keju

Resep Saus Cokelat

resep saus cokelat
ilustrasi saus cokelat (pexels.com/ Razane Adra)

Bahan-bahan:

  1. 200 gram bubuk cokelat
  2. 125 gram gula
  3. 125 ml air
  4. 25 gram mentega tawar, cairkan
  5. Sejumput garam
  6. Sedikit perisa vanilla

Cara membuat:

  1. Ambil panci yang cukup besar lalu campurkan bubuk cokelat dan gula hingga tidak ada gumpalan.
  2. Tambahkan sejumput garam dan air lalu nyalakan api kompor. Didihkan dengan kondisi api medium atau tinggi sambil terus diaduk.
  3. Pastikan tidak ada gumpalan lalu tambahkan mentega yang telah dicarikan, aduk terus hingga mengental. Biarkan selama 30 detik dan matikan api.
  4. Biarkan saus sedikit mendingin kemudian masukkan perisa vanilla. Pindahkan ke wadah bersih. Sobat Yummy juga dapat memasukkan saus cokelat ke dalam pendingin sebentar.
  5. Saus cokelat telah siap untuk dijadikan pelengkap makanan.

Rekomendasi Saus Cokelat

1. Goldenfil Choco Chruncy

Goldenfil Choco Crunchy saus cokelat terbaik
ilustrasi Goldenfil Choco Crunchy (titanbaking.com)

Goldenfil Choco Crunchy cocok bagi Sobat Yummy yang ingin merasakan sensasi renyah ketika menikmati saus cokelat. Goldenfil Choco Crunchy memiliki komposisi kakao bubuk, gula (mengandung pengawet sulfit), sereal malt, lemak reroti, pati jagung, pengemulsi lesitin kedelai, garam.

Kamu bisa menemukan saus cokelat ini di supermarket atau toko bahan kue terdekat. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp49.000 untuk kemasan 1 kg.

2. Ferrero Nutella

Nutella saus cokelat terbaik
ilustrasi Nutella (titanbaking.com)

Nutella telah menjadi saus cokelat yang sangat populer di berbagai negara. Diciptakan oleh perusahaan Italia yakni Ferrero, Nutella terdiri dari campuran hazelnut panggang, cokelat, gula, minyak kelapa, dan susu.

Kombinasi cokelat dan hazelnut menciptakan citarasa yang khas dan menggoda selera. Nutella tersedia dalam kemasan 200 gram dengan harga berkisar Rp35.000.

Baca Juga: 8 Merk Cokelat Paling Enak 2023, Ada Kesukaanmu?

3. Ovomaltine Crunchy Cream

Ovomaltine Crunchy Cream saus cokelat terbaik
ilustrasi Ovomaltine Crunchy Cream (blibli.com)

Ovomaltine Crunchy Cream memadukan sensasi crunchy dari malt dan selai cokelat yang creamy. Kehadiran malt dalam Ovomaltine memberikan tambahan energi untuk kegiatan sehari-hari, sementara susu dan cokelat memberikan nutrisi tambahan.

Hal tersebut membuat Ovomaltine Crunchy Cream menjadi pilihan yang lezat bagi Sobat Yummy yang mencari selai atau saus cokelat yang kaya nutrisi.

4. Morin Topping Chocolate

Morin Topping Chocolate saus cokelat terbaik
ilustrasi Morin Topping Chocolate (titanbaking.com)

Morin Topping Chocolate dibuat dari bubuk kokoa pilihan dan dapat dijadikan bahan pelengkap pada berbaga kreasi kue, dessert, hingga pastry. Bentuk botolnya juga akan memudahkan Sobat Yummy untuk menuangkannya ke makanan yang kalian pilih.

Morin Topping Chocolate dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni berkisar Rp28.000.

5. Tropicana Slim Chocolate Spread

Tropicana Slim Chocolate Spread saus cokelat terbaik
ilustrasi Tropicana Slim Chocolate Spread (tropicanaslim.com)

Jika Sobat Yummy sedang mencari saus cokelat yang rendah kalori, Tropicana Slim Chocolate Spread dapat menjadi pilihan kalian karena hanya mengandung kurang lebih 50 kkal.

Meski cukup mahal, yaitu sekitar Rp27.000 per 100 gram, namun produk ini juga dapat menjadi alternatif untuk olesan cokelat yang lebih rendah gula. Sangat cocok bagi Sobat Yummy yang ingin mengurangi asupan gula tanpa mengorbankan kelezatan saus cokelat.

6. Hershey's Chocolate Syrup

Hershey's Chocolate Syrup saus cokelat terbaik
ilustrasi Hershey's Chocolate Syrup (ubuy.co.id)

Hershey's Chocolate Syrup adalah sirup cokelat yang diproduksi oleh The Hershey Company, salah satu perusahaan cokelat terbesar dan paling terkenal di dunia. Produk ini terkenal dengan rasa cokelat Hershey's yang khas, yang memiliki karakteristik manis dan gurih.

Sobat Yummy dapat menuangkan saus cokelat Hershey's ke dalam es krim, hidangan pencuci mulut, milkshake, jus, dan sebagainya. Hershey's Chocolate Syrup dibanderol dengan harga Rp63.000 untuk kemasan 650 gram.

Baca Juga: Resep Saus Keju dan Tips Membuat Saus Keju

Itulah beberapa rekomendasi saus beserta resep membuat saus cokelat yang dapat Sobat Yummy coba di rumah. Untuk mendapatkan informasi lain mengenai kreasi kuliner hingga tips dan nutrisi kesehatan, yuk, unduh Yummy App dan dapatkan beragam fakta menarik yang Sobat Yummy perlu ketahui!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Swedish Chocolate Cake

Swedish Chocolate Cake

(5.0)

6 langkah

416

Artikel Lainnya di tips