10 Makanan Khas Kalimantan Tengah: Surga Kuliner di Jantung Borneo

Berkunjung ke Kalimantan Tengah, wajib cicipi kulinernya!

10 Makanan Khas Kalimantan Tengah: Surga Kuliner di Jantung Borneo

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Berada di jantung Pulau Kalimantan, Kalimantan Tengah menyimpan kekayaan kuliner yang tak terhitung jumlahnya.

Cita rasa kulinernya yang kaya dipengaruhi oleh perpaduan budaya Dayak, Melayu, dan Banjar, serta kekayaan bahan makanan alami yang tersedia di alam Kalimantan. 

Ada berbagai macam makanan khas Kalimantan Tengah dengan cita rasa yang unik dan tak terlupakan. Dari olahan sayur, ikan, beras ketan, hingga kue tradisional dengan rasa gurih dan manis yang cocok dijadikan cemilan. 

Bagi Sobat Yummy yang ingin menjelajahi kelezatan kuliner Kalimantan Tengah, berikut rekomendasi 10 makanan khas Kalimantan Tengah. Yuk, siap-siap untuk untuk menjelajahi surga kuliner di jantung Borneo!

1. Sasangan Patin

Sasangan Patin
(yummy.co.id/Heny Rosita)

Sasangan patin merupakan hidangan ikan patin kuah kuning, yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas Kalimantan. Rasanya pedas, gurih, lezat, dan kaya protein. Cocok disantap bersama nasi putih hangat dan lalapan. Jangan lupa cicipi saat kamu berkunjung ke Kalimantan Tengah!

2. Hintalu Karuang

Hintalu Karuang
(youtube.com/Dapur Mama AmyRa)

Hintalu karuang merupakan makanan khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari tepung ketan dan kuah santan manis gurih. Bentuknya bulat-bulat kecil serupa telur. Tekturnya kenyal seperti bubur, dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Hintalu Karuang merupakan kudapan yang cukup populer di Kalimantan Tengah dan sering dinikmati di waktu bersantai.

Baca Juga: 15 Jenis Bubur Khas Nusantara, dari Gurih hingga Legit

3. Coto Menggala

Coto Menggala
(instagram.com/misshotrodqueen)

Coto menggala, hidangan yang unik dan berbeda dari soto di daerah lain. Coto Menggala terbuat dari kuah kaldu sapi yang gurih, dengan isian mi, daging ayam, telur rebus, kerupuk, dan taburan bawang goreng seperti soto pada umumnya. Bedanya, soto ini dihidangkan bersama singkong rebus yang dipotong kecil-kecil. Perpaduan kuah kaldu yang gurih dan singkong yang kenyal menghasilkan rasa yang unik dan lezat.

4. Kalumpe

Makanan khas kalimantan tengah
(instagram.com/dunialoka.id)

Kalumper merupakan hidangan khas Dayak di Kalimantan Tengah. Makana ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk sampai halus, lalu dimasak dengan santan dan bumbu rempah. Rasanya gurih dan pedas, yang cocok dinikmati bersama nasi putih hangat dan lalapan.

5. Lemang

Lemang
(intagram.com/pennylaurafs)

Lemang adalah hidangan tradisional Dayak yang terbuat dari beras ketan, santan, dan garam yang dimasak dalam tabung bambu dengan cara dibakar. Rasanya gurih legit dan teksturnya kenyal. Selain rasanya yang lezat, lemang juga memiliki nilai budaya yang tinggi bagi masyarakat Dayak. Sebab itu, lemang sering disajikan pada berbagai acara adat maupun ritual keagamaan.

6. Gagatas

Gegatas
(instagram.com/maria_ananta)

Gagatan merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, dan santan. Rasanya manis dengan tekstrur yang renyah, membuat Gagatas menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang. Cocok dijadikan sebagai cemilan sambil ngeteh atau ngopi.

7. Rabuk Patin

Rabuk patin
(instagram.com/qiza_shop1)

Rabuk patin adalah makanan khas Kalimantan Tengah berbahan dasar ikan patin, yang disuwir dan dimasak dengan bumbu kuning. Tampilannya mirip seperti abon. Rabuk Patin biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi pedas. Rasanya gurih, sedikit pedas, dan menggugah selera.

Baca Juga: 7 Tips Masak Ikan Bakar agar Bumbunya Meresap, Sudah Tahu Resepnya?

8. Juhu Umbut Rotan

Juhu Umbut Rotan
(youtube.com/Wind's Cooking)

Juhu umbut rotan merupakan hidangan yang terbuat dari tunas muda rotan yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu khas. makanan ini sering disajikan dengan ikan betok atau jenis ikan lainnya. Kombinasi rasa gurih dari santan dan ikan, serta tekstur renyah dari umbut rotan bikin Juhu Umbut Rotan jadi sayur yang wajib dicoba.

9. Wadi

Wadi
(mmc.kalteng.go.id)

Wadi terbuat dari fermentasi ikan yang dibumbui dengan rempah-rempah khas. Umumnya ikan yang digunakan adalah jenis ikan tawar. Tapi ada juga yang mengggunakan jenis ikan lain. Rasanya pedas, asam, dan gurih. Bisa dinikmati sebagai lauk maupun camilan.

10. Bengamat

Bengamat
(instagram.com/limaukuit)

Pernah mencoba keleawar? Bengamat terbuat dari daging kelelawar yang diolah dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan cabai. Rasanya gurih dan sedikit pedas, dengan tekstur yang empuk. Meski terkesan ekstrem, Bengamat merupakan hidangan tradisional yang digemari masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah

Itu lah beberapa makanan khas Kalimantan Tengah untuk referensi kuliner Sobat Yummy. Jadi, makanan mana nih yang tertarik buat Sobat Yummy cicipi?

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: 13 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Unik, Dijamin Enak!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Kalumpe

Resep Teruji

Kalumpe

(4.8)

1134 Kj

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3
Syahara Kitchen

Syahara Kitchen

Bubur Sumsum Lumer #MabarYummyCommunityRamadhan

Bubur Sumsum Lumer #MabarYummyCommunityRamadhan

(5.0)

6 langkah

1.1 rb

Artikel Lainnya di kuliner