8 Makanan Khas Tasikmalaya yang Lezat dan Enak, Wajib Coba Banget!

Makanan Tasik memiliki kelezatan yang unik

8 Makanan Khas Tasikmalaya yang Lezat dan Enak, Wajib Coba Banget!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Tasikmalaya tidak hanya menyediakan tempat wisata yang indah, tapi juga memiliki sejumlah kuliner lezat yang menjadi primadona kota tersebut. Masing-masing makanan khas Tasikmalaya memiliki cita rasa yang nikmat dan unik.

Masyarakat daerah ini sering menggunakan bahan rempah seperti kencur sebagai penambah aroma dan kelezatan. Yuk, intip makanan khas Tasikmalaya di yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kota Mutiara Priangan ini.

1. Nasi tutug oncom

Makanan khas Tasikmalaya yang wajib kamu coba jika dating ke kota ini. Namanya unik, tutug sendiri memiliki arti 'ditumbuk'. Nasi tutug oncom semacam nasi gurih, karena dicampur dengan oncom hitam yang ditumbuk dan sejumlah rempah.

Nasi ini memiliki cita rasa sedap gurih asin, biasanya dihidangkan dengan lauk aci tempe, ayam goreng, ikan asin, hingga telur dadar. Lengkap dengan berbagai sayur lalap dan sambal goang khas Tasikmalaya.

Penasan dengan nasi tutug oncom? Kuliner satu ini tidak sulit ditemukan di Tasikmalaya. Banyak sekali pedagang nasi tutug oncom yang menjamur di kota tersebut.

2. Nasi cikur

makanan khas tasikmalaya nasi cikur
ilustrasi nasi cikur (pinterest.com/yoez soehadi)

Banyak direkomendasikan setelah nasi tutug oncom, nasi cikur menjadi salah satu makanan khas Tasimalaya yang lezat. Sebutan cikur sendiri merupakan bahasan Sunda yang berarti kencur. Yup! Sedapnya dari hidangan ini yakni olahan nasinya dimasak dengan bumbu kencur yang gurih dan nikmat.

Kuliner Tasikmalaya satu ini identik disantap saat sarapan dan biasa disajikan dengan aneka lauk, seperti ayam goreng, telur, kering kentang, mendoan, tahu, lalapan, dan tentunya sambal. Harganya pun sangat terjangkau hanya mulai dari Rp10.000, Sobat Yummy bisa mendapatkan sepiring nasi cikur hangat dengan lauknya.

3. Cilok goang

Melipir ke jajanan ringan atau bisa dibilang street food-nya Tasikmalaya, cilok goang selalu menjadi favorit. Cilok goang pada umumnya seperti cilok biasa, bedanya jajanan versi Tasikmalaya ini semakin nikmat karena disajikan dengan kuah sambal yang lezat.

Cilok goang juga memiliki isian daging cincang di dalamnya. Perpaduan rasa pedas, gurih, asin, asam dari jeruk nipis, dan kuah kaldu bikin nagih banget. Ini jajanan yang wajib banget Sobat Yummy cicipi saat ke Tasikmalaya.

4. Comet

comet makanan khas tasikmalaya
ilustrasi comet (tokopedia.com)

Makanan khas Tasikmalaya selanjutnya, yakni comet. Nama ini singkatan dari oncom saemet. Saemet dari bahasa Sunda merujuk pada kata 'sedikit'. Hal ini karena comet merupakan keripik dari singkong yang diberi topping sedikit oncom diatasnya.

Dalam pembuatan comet, adonannya terbuat dari singkong yang diparut dan diberi bawang-bawang serta kencur. Produksi comet juga paling banyak dibeli oleh pelancong sebagai buah tangan. Comet yang renyah dan gurih asik dijadikan camilan minum teh bersama keluarga.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Bontang yang Enak dan Wajib Kamu Coba

5. Soto tasik

Melipir ke makanan berkuah khas Tasikmalaya, Sobat Yummy wajib coba soto Tasik. Soto biasanya identik dengan warna kuning dari kunyit. Berbeda dengan milik Tasikmalaya, soto dikota tersebut cenderung berwarna pucat tanpa kunyit, dan lebih gurih karena dicampur dengan santan.

Soto Tasik memiliki topping suwiran ayam kampung yang melimpah, soun, dan uniknya diberi taburan kedelai goreng. Hidangan ini lezat disantap dengan sedikit perasan jeruk nipis, dan sambal rawit. Ingin cita rasa soto yang beda? Yuk, jika ke Tasikmalaya cobain kuliner satu ini!

6. Rengginang oyek

makanan khas tasikmalaya rengginang oyek
ilustrasi rengginang oyek (tokopedia.com)

Penggemar rengginang merapat. Tasikmalaya punya rengginang juga, lho! Tapi berbeda versi bahan dasarnya. Biasanya rengginang terbuat dari nasi, tapi Tasikmalaya punya rengginang yang berbahan dasar singkong.

Pembuatannya yakni memotong singkong hingga menjadi potongan kecil, kemudian ditambahkan rempah-rempah seperti kencur dan ketumbar. Punya cita rasa lezat yang unik dan berbeda dari rengginang nasi pada umumnya, kamu wajib banget mencicipi rengginang oyek khas Tasikmalaya ini.

7. Kemplang

Kemplang merupakan camilan khas Tasikmalaya berupa keripik yang terbuat dari kelapa dan beras ketan. Keripik satu ini menjadi pelengkap saat menyantap makanan berkuah, seperti bakso atau soto. Rasanya gurih kriuk-kriuk, juga cocok untuk kamu yang sedang mecari oleh-oleh dari Tasikmalaya.

8. Kupat tahu mangunreja

makanan khas tasikmalaya
ilustrasi kupat tahu (freepik.com/ikarahman)

Satu lagi yang menjadi primadona dari Tasikmalaya, yakni kupat tahu Mangunreja, yang terletak di Jalan Raya Garut Km 2, Mangunreja, Tasikmalaya. Kupat tahu ini sangat melegenda hingga menjadi daftar wajib dikunjungi saat pergi ke Tasikmalaya.

Bumbu kacangnya bikin kangen banget, cita rasa gurih dan pedas nikmat yang dicampur daun bawang, sangat lezat! Bahkan tempat makan satu ini telah bukan sejak 1955 hingga sekarang tak pernah sepi pengunjung.

Dari beberapa makanan khas Tasikmalaya diatas mana ingin Sobat Yummy coba dulu? Semuanya memiliki cita rasa yang unik dan lezat masing-masing. Mending cobain semua, deh. Bawa juga sebagai oleh-oleh!

Baca Juga: 5 Resep Minuman Khas Makassar yang Tidak Bersantan dan Gampang Ditiru!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Nasi Cikur

Nasi Cikur

(4.5)

20 mnt

8.2 rb

Artikel Lainnya di kuliner