8 Oleh-oleh Khas Palu yang Paling Sering Dicari

Makanan manis hingga bawang goreng khasnya, wajib diborong!

8 Oleh-oleh Khas Palu yang Paling Sering Dicari

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Palu merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah yang berlokasi di tepi pantai. Sering kali Kota Palu dijuluki sebagai Kota Wisata Bahari karena jumlah pantainya begitu banyak dan indah.

Tak hanya keindahan pantainya saja yang bisa kamu nikmati saat berpergian ke kota Palu, namun kamu juga bisa menikmati oleh-oleh khas Palu yang unik dan wajib dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Nah, berikut ini Yummy App rangkum berbagai macam oleh-oleh khas Palu terbaik yang paling dicari para wisatawan.

1. Sambal ikan roa

sambal ikan roa oleh-oleh khas palu
ilustrasi sambal ikan roa (instagram.com/yun.roa)

Termasuk wilayah yang berada di tepi pantai, Palu punya oleh-oleh yang dibuat dari olahan ikan hasil menangkap di laut. Olahan ikan yang paling terkenal di Palu adalah olahan ikan roa.

Biasanya ikan roa ini diolah menjadi sambal yang pedas dan nikmat untuk pelengkap lauk utama saat makan, karena rasa ikannya yang begitu menggugah selera. Selain dijadikan sambal, ikan roa juga sering kali diolah menggunakan bumbu rica-rica, menghasilkan masakan yang lezat dan menggiurkan.

Karena sambal ikan roa dibuat dalam bentuk kemasan, kamu bisa membelinya untuk dibawa pulang.

2. Kue bagea

kue bagea oleh-oleh khas palu
ilustrasi kue bagea (instagram.com/alamama519)

Oleh-oleh khas Palu selanjutnya yang bisa kamu bawa pulang adalah kue bagea. Terdapat varian rasa pada kue bagea seperti rasa keju dan original.

Kue bagea memiliki tekstur yang termasuk keras dan renyah ketika digigit. Terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan soda kue, kismis, dan telur, membuat kue bagea punya cita rasa manis dan gurih.

Termasuk cemilan tradisional kota Palu, kue bagea banyak digemari dan dipilih menjadi oleh-oleh khas Palu bagi para wisatawan.

3. Bawang goreng

bawang goreng oleh-oleh khas palembang
ilustrasi bawang goreng (instagram.com/kj_pastels)

Bawang goreng dari kota Palu juga sering menjadi incaran bagi para wisatawan karena rasanya yang gurih dan lezat. Walaupun kamu bisa membuat bawang goreng sendiri di rumah, namun tentu akan berbeda jika kamu membeli bawang goreng dengan cita rasa khas Palu.

Kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh khas Palu, karena disediakan dalam bentuk kemasan yang cukup awet dan tahan lama.

Baca Juga: 20 Oleh-oleh Khas Lampung yang Wajib Diborong Pulang

4. Olahan daun kelor

daun kelor oleh oleh khas palu
ilustrasi daun kelor (pexels.com/kassiamelo)

Di Kota Palu, daun kelor tak hanya dimasak menjadi sayur untuk santapan sehari-hari. Melainkan juga disulap menjadi berbagai macam olahan seperti kerupuk, teh, dodol, keripik, dan pia kelor. Jadi kamu bisa menikmati daun kelor dengan berbagai macam bentuk olahan yang unik dan tentu rasanya juga enak.

5. Cokelat banua

coklat banua oleh oleh khas palu
ilustrasi cokelat banua (instagram.com/banuacoklat)

Palu juga memiliki makanan manis yang bisa kamu nikmati dan bawa pulang, yaitu cokelat banua. Namun, tidak seperti cokelat pada umumnya yang rasanya sangat manis, cokelat banua memiliki rasa yang sedikit manis dan cukup pahit karena terbuat dari biji kokoa asli yang tidak ditambahkan banyak pemanis buatan.

Walaupun begitu, rasa cokelat banua tetap enak dan bahkan banyak dicari para wisatawan yang berkunjung ke Palu.

6. Kacang goyang

kacang goyang oleh oleh khas palu
ilustrasi kacang goyang (instagram.com/frisca2227)

Kacang goyang termasuk cemilan khas dari kota Palu yang rasanya cukup manis dan juga renyah. Nama kacang goyang sendiri dikatakan berasal dari cara mengolah kacang yang digoyang dalam baskom supaya menyatu dengan gula. Cemilan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Palu incaran wisatawan yang wajib dibawa pulang.

7. Keripik buah naga

keripik buah naga oleh oleh khas palu
ilustrasi keripik buah naga (instagram.com/aisya.food)

Buah naga merupakan buah yang biasanya diolah menjadi es buah bersama campuran buah lainnya. Tetapi di Palu, buah naga diolah menjadi keripik dengan cita rasa gurih dan renyah yang menjadi khasnya.

Kamu wajib coba makanan unik dari Palu ini, untuk merasakan cara menikmati buah naga yang berbeda dari biasanya.

8. Kopi sojol

Biji kopi dan cangkir putih
ilustrasi kopi (flickr.com/Atto Sampetoding)

Oleh-oleh khas Palu juga ada yang berbentuk minuman, yaitu kopi sojol. Kopi sojol ini merupakan kopi dengan rasa yang sedikit gurih, yang termasuk ke dalam jenis kopi arabika.

Deretan oleh-oleh Khas Palu tersebut merupakan produk terbaik dari kota Palu yang sering kali diincar para wisatawan. Berbagai makanan dan minuman unik dari Palu bisa kamu jadikan pilihan oleh-oleh untuk keluarga.

Dari macam-macam oleh-oleh khas Palu di atas, mana yang paling mencuri perhatian kamu?

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Makanan khas Samarinda yang Lezat dan Wajib Dibeli

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ratna Puspita

Ratna Puspita

Sambal Roa

Sambal Roa

(5.0)

6 langkah

1.0 rb

Artikel Lainnya di kuliner