16 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Terkenal

Yogyakarta salah satu surganya kuliner di Indonesia, nih~

16 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Terkenal

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja, merupakan salah satu destinasi wisata yang termasuk sering dikunjungi oleh para turis, bahkan masyarakat Indonesia sendiri. Jogja memiliki banyak julukan, mulai dari kota wisata hingga kota seniman. Bagi kamu yang belum pernah berkunjung, cobalah untuk menyempatkan waktu untuk berlibur ke Jogja.

Selain banyak tempat wisata yang bisa didatangi, kamu juga bisa mampir ke berbagai tempat wisata kuliner Jogja yang menyediakan banyak makanan lezat untuk memanjakan lidah. Sekarang, Yummy App akan membawa kamu menjelajahi tempat wisata kuliner Yogyakarta yang populer dan wajib untuk dikunjungi. Karena itu, baca artikelnya sampai akhir, ya!

1. Gudeg Sagan

gudeg sagan tempat wisata kuliner jogja
ilustrasi Gudeg Sagan (googlemaps.com/ramadhnoorfarras)

Tempat wisata kuliner Jogja yang pertama adalah Gudeg Sagan. Seperti namanya, tempat makan ini menjual aneka gudeg yang lezat, mulai dari gudeg krecek tempe hingga gudeg krecek dengan ayam utuh.

Terdapat menu lain seperti ayam kremes, bebek kremes, dan juga ikan kremes yang wajib banget kamu coba kalau datang ke Jogja. Gudeg Sagan buka setiap hari, dari pukul 08.00 s.d. 22.30 WIB.

Alamat: JL Prof. Dr Jl. Prof. Herman Yohanes No.53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55223.

2. Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu

warung soto dan sate sapi pak bayu tempat wisata kuliner jogja
ilustrasi warung soto dan sate sapi pak bayu (googlemaps.com/enriconirwanhistanto)

Jika kamu ingin mencari tempat kuliner yang menjual berbagai soto yang lezat dan segar, tempat paling cocok yang bisa kamu kunjungi adalah Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu. Kebanyakan menunya merupakan sop, mulai dari sop iga, sop daging, sop buntut, sop spesial sengkel, dan ada juga beragam sate seperti sate sultan, sate jawa, hingga sate goyang lidah. 

Nama-nama unik dari menunya, pasti bikin penasaran ingin coba, kan? Kalau begitu, kamu bisa berkunjung setiap hari Selasa s.d Minggu, pukul 09.00 s.d. 21.00 WIB.

Alamat:  Jl. Yudistiro No.2, RT.05/RW.11, Palgading, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 5558.

Baca Juga: 10 Cafe di Jogja yang Asik dan Wajib Dikunjungi!

3. Sate Klathak Pak Pong

sate klathak pak pong
ilustrasi Sate Klathak Pak Pong (googlemaps.com/amhariadi)

Tentu saja sesuai dengan namanya, tempat makan satu ini menyediakan sate klathak sebagai menu utamanya. Ada juga berbagai menu lain seperti sate biasa, tengkleng, tongseng, dan juga gulai daging kambing.

Tempatnya yang nyaman dan bersih, jadi nilai tambahan untuk Sate Pak Pong. Beruntungnya Sate Klathak Pak Pong buka setiap hari, mulai pukul 09.30 s.d. 23.00 WIB.

Alamat: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791.

4. Burjo Borneo

burjo borneo tempat wisata kuliner jogja
ilustrasi Burjo Borneo (googlemaps.com/davinrafiarta)

Burjo Borneo menjadi salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang harus kamu datangi. Banyak menu makanan seperti nasi kuning, nasi goreng, soto banjar, nasi pecel ayam, dan berbagai makanan umum lainnya.

Walaupun makanan yang mungkin bisa kamu temukan di mana saja, makanan di Burjo Borneo mempunyai rasa yang khas sehingga berbeda dengan yang biasa kamu konsumsi. Tempatnya juga cukup luas dan nyaman untuk singgah berlama-lama di sana. 

Burjo Borneo buka setiap hari dari pukul 09.00 s.d. 02.00 WIB. Cukup lama, ya? Jadi kamu bebas datang dan mampir untuk makan sampai malam tiba.

Alamat: TB 14, 10 B, Jl.Wisata, Jl. Babarsari Jl. Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

5. The House of Raminten

the house of raminten tempat wisata kuliner jogja
ilustrasi the house of raminten (googlemaps.com/maulanapradika)

The House of Raminten cukup terkenal di berbagai daerah, dengan nama makanannya yang terbilang nyentrik namun menarik. Tempatnya juga nyaman, dan menu makanannya sangat beragam.

Di sana, kamu bisa menemukan makanan seperti sekul songgo langit dan sekul samirono. Buka setiap hari, The House of Raminten mulai beroperasi dari pukul 09.00 s.d. 00.00 WIB.

Alamat: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224.

6. Warung Kopi Klotok

warung kopi klotok tempat wisata kuliner jogja
ilustrasi Warung Kopi Klotok (googlemaps.com/sukmapamungkas)

Selanjutnya ada tempat wisata kuliner Jogja yang sangat nyaman untuk jadi tempat singgah untuk mengisi perut yang kosong. Ya, Warung Kopi Kotok punya konsep tempat makan yang bikin nyaman siapa pun yang datang.

Menu makanan yang bisa kamu beli contohnya seperti lodeh tempe lombok ijo, lodeh kluwih, ayam goreng, dan tempe garit. Warung Kopi Klotok buka setiap hari, mulai pukul 07.00 s.d. 21.30.

Alamat: Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

7. Bakmi Jowo Mbah Gito

bakmi jowo mbah gito tempat wisata kuliner jogja
ilustrasi Bakmi Jowo Mbah Gito (googlemaps.com/t.indragunawan)

Bakmi Jowo Mbah Gito masih mengusung konsep tempat makan tradisional dan sederhana, yang justru menimbulkan rasa nyaman bagi para pengunjung. Menu makanan yang dijual tak hanya bakmi saja, namun ada pula ayam rica-rica dan capcay. Tempat makan yang satu ini buka setiap hari, dari pukul 10.00 s.d. 22.00 WIB.

Alamat: Jl. Nyi Ageng Nis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171.

8. Warung Soto Kadipiro

warung soto kadipiro
ilustrasi warung soto kadipiro (googlemaps.com/bobrubiyanto)

Warung Soto Kadipiro merupakan tempat wisata kuliner Jogja yang tampilannya sederhana tapi hangat. Menu makanan yang disediakan adalah soto dan sate yang lezat.

Soto Kadipiro sudah cukup lama menemani warga Jogja, dengan resep sotonya yang turun-temurun. Kamu bisa berkunjung setiap hari ke Soto Kadipiro, dari mulai pukul 07.30 s.d. 14.30 WIB.

Alamat: Jl. Wates No.33, Kadipiro, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Malam di Bandung, Wajib Coba!

9. Bale Raos

bale raos tempat wisata kuliner jogja
ilustrasi Bale Raos (googlemaps.com/triskagustiana)

Kali ini ada restoran Jogja yang punya konsep tradisional namun elegan, serta menyediakan makanan klasik khas Jawa. Salah satu menu yang ada di Bale Raos adalah lombok kethok yang rasanya sedap.

Bales Raos sering kali disebut sebagai restoran dengan hidangan ala sultan. Kamu bisa datang untuk makan di Bale Raos setiap hari pada pukul 10.00 s.d. 22.00 WIB, terkecuali pada hari Kamis, restoran buka mulai pukul 13.00 s.d. 21.00.

Alamat: Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131.

10. Warung Klangenan

tempat wisata kuliner jogja warung klangenan
ilustrasi Warung Klangenan (googlemaps.com/efinakrinala)

Tak lengkap rasanya jika pergi ke Jogja, namun tidak menikmati angkringan khas kota wisata yang satu ini. Kamu bisa berkunjung ke Warung Klangenan yang memanfaatkan konsep angkringan modern dengan model tempatnya yang seperti rumah Joglo. Kamu bisa berkunjung ke Warung Klangenan setiap hari, dari pukul 10.00 s.d. 22.00 WIB.

Alamat: Jl. Patangpuluhan No.28, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251.

11. Tengkleng Gajah

Tempat wisata kuliner jogja tengkleng gajah
ilustrasi Tengkleng Gajah (googlemaps.com/angtekkhun)

Bernama tengkleng gajah bukan berarti tempat makan yang satu ini menjual daging gajah untuk dimakan, ya. Nama Tengkleng Gajah ini hadir karena makanan yang disajikan biasanya tersedia dalam porsi besar, sehingga disebut gajah.

Tempatnya sederhana dan nyaman, dengan menu makanan kebanyakan merupakan tengkleng. Tengkleng gajah beroperasi setiap hari mulai dari jam 09.00 s.d. 21.00 WIB.

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km.9, RT.04/RW.3, Gantalan, Minomartani, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

12. Cilok Gajahan

Tempat wisata kuliner gajah cilok gajahan
ilustrasi Cilok Gajahan (googlemaps.com/kholilhasyimnm)

Berikutnya ada tempat wisata kuliner Jogja yang terkenal dengan menu camilannya, yaitu Cilok Gajahan. Walaupun cilok merupakan makanan dari Bandung, namun Yogyakarta juga punya cilok khasnya yang terkenal seperti Cilok Gajahan ini. Buka setiap hari, Cilok Gajahan mulai beroperasi sekitar pukul 10.15 s.d. 18.00 WIB.

Alamat: Jl. Seturan Raya No.173-168, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

13. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

tempat wisata kuliner jogja oseng-oseng mercon bu narti
ilustrasi Oseng-oseng Mercon Bu Narti (googlemaps.com/azharsmiller)

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang cukup terkenal. Para pengunjung akan menikmati makanan sambil duduk lesehan, atau dengan kata lain tidak menggunakan kursi, melainkan langsung duduk di lantai menggunakan alas.

Menu makanan yang terkenal tentunya merupakan oseng-oseng merconnya yang menggoyang lidah. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 s.d. 23.00 WIB.

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262.

14. Mangut Lele Dapur Asli Mbah Marto Ijoyo

tempat wisata kuliner jogja mangut lele dapur asli mbah marto ijoyo
ilustrasi Mangut Lele dapur Asli Mbah Marto Ijoyo (googlemaps.com/mangutleledapuraslimbahmartoijoyo)

Terletak di perkampungan, Mangut Lele Dapur Asli Mbah Marto Ijoyo terbilang cukup sulit ditemukan. Tempat makan yang satu ini punya konsep layanan mandiri bagi para pelanggan-nya.

Menu yang disediakan ada mangut lele, mangut welut, gudeg, krecek, dan osengan. Buka setiap hari dari pukul 10.00 s.d. 20.00 WIB.

Alamat: Jl. Sewon Indah No.RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188.

15. Gudeg Pawon

tempat wisata kuliner jogja gudeg pawon
ilustrasi Gudeg Pawon (googlemaps.com/imeldalukas)

Berbeda dari tempat makan lainnya, Gudeg Pawon membiarkan pelanggan mengambil makanan langsung dari dapur. Cukup unik, ya?

Sesuai dengan nama tempat, makanan yang disajikan merupakan gudeg yang rasanya tentu sangat lezat. Gudeg Jogja buka setiap hari, hanya saja waktu beroperasinya sangat sempit, mulai dari pukul 17.30 s.d. 20.30 WIB saja.

Alamat: Jl. Prof. DR. Soepomo Sh UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164.

16. Tempo Gelato

tempat wisata kuliner jogja tempo gelato
ilustrasi Tempo Gelato (googlemaps.com/davidho)

Setelah mengkonsumsi berbagai macam makanan berat, kamu wajib, nih, datang ke Tempo Gelato. Tempat makan yang satu ini menyediakan makanan penutup yaitu es krim dengan berbagai varian rasa.

Penyajiannya yang menarik dan rasa es krimnya yang lezat, membuat Tempo Gelato menjadi populer bagi para pendatang. Tempo Gelato buka setiap hari mulai pukul 09.00 s.d. 22.30 WIB.

Alamat: Jl. Prawirotaman No.38B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153.

Banyak sekali tempat wisata kuliner Jogja terpopuler yang bisa kamu kunjungi, kan, Sobat Yummy. Kamu bisa mulai untuk membuat daftar tempat wisata kuliner Yogyakarta mana saja yang tertarik untuk kamu datangi ketika berlibur ke Jogja.

Namun, pasti sangat sulit untuk memilih, karena semua tempat memiliki menu makanan yang rasanya sangat sedap untuk disantap. Mari kita berwisata kuliner di Jogja!

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jogja Selain Gudeg, Wajib Coba!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Endah Triana

Endah Triana

Kopi Klotok Khas Jogja

Kopi Klotok Khas Jogja

(5.0)

5 langkah

278

Artikel Lainnya di kuliner