​Andaliman dan Manfaatnya, Merica Batak dari Sumatera Utara

Simak beragam manfaat andaliman untuk kesehatan tubuh

​Andaliman dan Manfaatnya, Merica Batak dari Sumatera Utara

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Andaliman adalah salah satu jenis rempah yang sering digunakan dalam masakan Batak sehingga kerap dikenal sebagai merica batak. Rempah dengan nama latin Zanthoxylum acanthopodium ini mempunyai aroma jeruk yang lembut dan dapat menimbulkan sedikit sensasi kebas di lidah.

Melansir dari penelitian oleh Romaita dan Alex (2017) dari Institut Pertanian Bogor, andaliman yang umumnya dikenal masyarakat memiliki buah berwarna merah dan berwarna hijau. Masyarakat Batak biasanya menggunakan andaliman hijau sebagai bahan untuk sambal tuk-tuk, sedangkan andaliman merah digunakan sebagai bumbu masakan yang lebih luas seperti natinombur, arsik ikan, hingga saksang/sangsang.

Kali ini, Yummy App merangkum tujuh manfaat andaliman bagi tubuh yang harus Sobat Yummy ketahui. Mari baca selengkapnya!

Baca Juga: 10 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

1. Melawan radikal bebas

potret sambal andaliman
potret sambal andaliman (flickr.com/Matt Gross)

Penelitian andaliman sendiri mulai banyak dilakukan untuk menggali manfaat minyak atsiri yang terkandung di dalamnya, terdapat antioksidan dan antibakteri yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kronis. 

2. Antiinflamasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa andaliman dapat memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat bermanfaat untuk kondisi seperti arthritis dan penyakit radang usus.

Flavonoid, steroid, saponin, dan tanin yang termasuk dalam formulasi herbal nano Haramonting dan Andaliman berperan dalam pembelahan dan pertumbuhan sel untuk membangun jaringan luka. Senyawa-senyawa ini ditemukan di kedua herbal tersebut sehingga Andaliman memiliki potensi untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Memelihara pencernaan

Secara tradisional, andaliman digunakan untuk membantu memelihara pencernaan dan meredakan gangguan pencernaan, seperti kembung dan gas.

4. Melegakan saluran pernapasan

biji andaliman
Ilustrasi biji andaliman (wikimedia.org/Jubbuh)

Senyawa aromatik dalam andaliman dapat membantu membersihkan saluran pernapasan dan meredakan gejala batuk dan pilek.

5. Mengurangi potensi kanker

Berdasarkan penelusuran literatur mengenai aktivitas farmakologis Andaliman, ekstrak air dari buah tersebut memiliki aktivitas sitotoksik secara in vitro dengan mempertimbangkan beberapa parameter kanker, seperti volume tumor, packed cell volume (PCV), viabilitas sel, dan peningkatan indeks hematologi. Dapat diketahui bahwa ekstrak andaliman memiliki efek perlindungan pada sistem hemopoietik meski dengan tingkat perlindungan yang berbeda-beda.

6. Mencegah leukimia

Dalam kasus leukemia, penelitian melaporkan bahwa ekstrak metanol memiliki aktivitas antikanker yang kuat. Dalam pengujian pendahuluan, National Cancer Institute (NCI) Amerika menganggap IC50 30 μg / mL berpotensial sebagai cytotoxic agent.

Oleh karena itu, ekstrak kasar andaliman disarankan sebagai sumber agen antikanker yang potensial untuk mengobati leukemia.

7. Meredakan nyeri sendi

Berdasarkan beberapa penelitian, esktrak andaliman memiliki senyawa antiradang dalam golongan monoterpenoid yang dapat mengurangi nyeri sendi.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Itulah manfaat andaliman yang harus Sobat Yummy ketahui, mulai dari melawan radikal bebas, antiinflamasi, memelihara pencernaan, melegakan saluran pernapasan, hingga meredakan nyeri sendi. Sangat bermanfaat, bukan?

Nah, jika Sobat Yummy ingin melihat inspirasi lebih banyak lagi mengenai manfaat berbagai makanan, yuk, unduh dan jelajahi Yummy App.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

mamakyangbikin

mamakyangbikin

Daun Singkong Tumbuk ala Batak #JagoMasakMinggu10

Daun Singkong Tumbuk ala Batak #JagoMasakMinggu10

(4.8)

6 langkah

7.4 rb

Artikel Lainnya di nutrisi