Baesuk, Pengobatan dengan Buah Pir  untuk Batuk dari Korea

Dessert yang berkhasiat!

Baesuk, Pengobatan dengan Buah Pir  untuk Batuk dari Korea

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Batuk adalah respon alami tubuh berupa pengeluaran udara dari tenggorokan untuk melawan masuknya penyebab infeksi pada sistem pernafasan. 

Di Indonesia, biasanya saat batuk kita akan mencari wedang jeruk atau jahe untuk melegakan tenggorokan yang terasa gatal. Nah, di Korea sana orang-orang memanfaatkan olahan buah pir untuk mengobati batuk. Obat tradisional itu disebut baesuk

Meski belum ada penelitian yang menguji manfaat baesuk secara ilmiah, tapi ketika dipadukan dengan rempah-rempah, buah pir punya potensi untuk meredakan gejala batuk.

Potensi khasiat buah pir itulah yang akan kita bahas, lengkap dengan resep membuat pir kukus yang dipercayai bagus untuk batuk. 

Manfaat Buah Pir untuk Batuk

potret baesuk buah pir kukus
potret baesuk buah pir kukus (maangchi.com)

Pir adalah buah yang bentuknya mirip lonceng dengan warna hijau atau kuning keemasan tergantung jenisnya. Di Korea, buah ini populer menjadi sejeni minuman herbal (hwachae) bernama "baesuk".

Baesuk terbuat dari buah pir yang dicampur rempah berkhasiat, lalu dikukus dalam waktu lama. Metode slow cooking itu mengubah tekstur pir yang krispi menjadi lembut.

Karena disajikan dalam keadaan hangat, baesuk secara turun temurun dimanfaatkan untuk meredakan gejala batuk. Terutama batuk berkepanjangan setelah pilek dan iritasi tenggorokan ringan. Selain mengobati batuk, buah pir kukus ini juga baik untuk flu karena aroma wanginya dapat membantu meringankan hidung yang tersumbat. 

Baesuk juga biasa dinikmati sebagai makanan penutup, dengan disajikan dalam keadaan dingin menyegarkan.

Baca Juga: 10 Pilihan Minuman, untuk Bantu Redakan Batuk

Khasiat Buah Pir untuk Pengobatan

potret buah pir
potret buah pir (unsplash.com/Laårk Boshoff)

Buah pir disukai karena rasanya manis, bertekstur renyah dan kandungan air yang cukup melimpah. Selain enak, buah pir kaya akan nutrisi seperti serat, antioksidan, aneka mineral dan vitamin. Berikut beberapa khasiat mengonsumsi buah pir yang dikaitkan dengan pengobatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, vitamin C dan vitamin A yang terdapat pada buah pir bermanfaat dalam meningkatkan imun tubuh.

Vitamin C itu berfungsi sebagai antioksidan yang merangsang produksi sel darah putih. Pada akhirnya itu membuat tubuh menangkat penyakit ringan seperti flu, batuk, dan demam.

2. Membantu mengurangi peradangan

Pir kaya akan flavonoid dan komponen antioksidan yang mempunyai sifat anti-inflamasi. Nutrisi seperti vitamin C dan K yang membantu melawan peradangan juga banyak ditemukan dalam buah ini. Jadi, mengonsumsi buah pir bisa membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang terkait dengan peradangan.

3. Mempercepat proses penyembuhan

Pir merupakan sumber vitamin C yang tinggi dan itu bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka bakar atau luka terbuka. Kandungan asam askorbatnya membantu  mensintesis struktur seluler tubuh dan jaringan baru di berbagai organ. 

Resep Pir Kukus untuk Mengurangi Batuk

potret buah pir kukus
potret buah pir kukus (maangchi.com)

Agar nutrisi buah pir bisa mengurangi batuk dengan baik, pir kukus perlu dicampur dengan bahan pelengkap seperti madu dan jahe. Kedua bahan itu telah diakui bermanfaat untuk meredakan batuk dan pilek. 

Resep pir kukus asli Korea menggunakan kacang pinus, tapi jika memiliki alergi kacang bisa ditinggalakan. Berikut bahan dan langkah membuat buah pir kukus untuk bantuk.

Bahan-bahan:

  1. 1 buah pir besar (pir korea)
  2. 1 sdm madu
  3. 1 sdt jahe, parut
  4. 1/2 sdt lada bubuk
  5. 2 buah jujube, buang bijinya (bisa diganti kurma apa saja)

Cara membuat:

  1. Cuci buah pir dan keringkan.
  2. Potong bagian atas buah pir, sisihkan.
  3. Buat lubang dan keluarkan biji serta isi buah. Sisakan daging buah cukup tebal untuk membuat pir tetap bisa berdiri tegak setelah dimasak.
  4. Isi dengan jahe, madu, lada bubuk dan jujube.
  5. Tutup kembali dengan bagian atas buah pir.
  6. Siapkan kukusan, masukkan buah pir yang telah disiapkan. Masak selama 30-60 menis dengan api kecil.
  7. Untuk meredakan batuk, nikmati buah pir kukus selagi hangat. 

Secara alami buah pir tinggi nutrisi yang mengandung sifat anti-inflamasi dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Membuat sajian buah pir kukus telah dipraktikan turun-temurun di Korea sebagai obat herbal untuk meredakan batuk. Jadi, kamu bisa mencoba sendiri bagaimana khasiat buah pir kukus untuk batuk. 

Baca Juga: 12 Opsi Makanan untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk, Bantu Pemulihanmu!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nita Wahyuni Lubis

Nita Wahyuni Lubis

Asinan Buah Pir #RabuEkstraPoin

Asinan Buah Pir #RabuEkstraPoin

(5.0)

12 langkah

1.5 rb

Artikel Lainnya di nutrisi