8 Cara Menghilangkan Duri Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

Jangan panik dulu, guys!

8 Cara Menghilangkan Duri Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Mimpi buruk menyantap ikan nila bakar adalah ketika durinya tak sengaja tertelan. Duri-duri itu meski kecil, tapi sangat menyakitkan saat tersangkut di tenggorokan.

Dibanding makanan lain, duri ikan lebih mudah tertinggal di kerongkongan karena bentuknya aneh dan sisi tepinya yang tajam. Rasa tidak nyaman yang muncul pasti membuat orang mencari cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan, baik itu di sebelah kiri atau kanan. 

Nah, sebelum membahas tips menyingkirkan duri ikan yang menyiksa tenggorokan, kita pahami dulu gejalanya, yuk!

Tanda duri ikan tersangkut di tenggorokan

ilustrasi gejala tulang ikan tersangkut di tenggorokan
ilustrasi gejala tulang ikan tersangkut di tenggorokan (freepik.com/wayhomestudio)

Kalau ada tulang ikan yang gak sengaja tertinggal di kerongkongan, kemungkinan besar kamu akan merasakannya. Gejala yang bisa kamu alami di antaranya seperti: 

  • Sensasi kesemutan atau tusukan di tenggorokan
  • Rasa sakit seperti sengatan ringan di tenggorokan
  • Nyeri di leher atau kerongkongan
  • Sulit untuk menelan
  • Batuk
  • Memuntahkan darah

Duri ikan itu biasanya akan melewati saluran pencernaaan tanpa masalah. Tapi jika kamu kesulitan menghilangkannya dari tenggorokan maka tak perlu panik. Sebab, ada banyak cara bisa membantu mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan 

Cara menghilangkan duri tulang ikan di tenggorokan

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan duri tulang ikan di tenggorokan yang bisa langsung kamu coba.

1. Berkumur dengan air garam

ilustrasi cara menghilangkan duri ikan
ilustrasi cara menghilangkan duri ikan (freepik.com/benzoix)

Cara termudah untuk mengilangkan duri ikan di tenggorokan adalah dengan berkumur memakai air garam. Cara ini sangat efektif untuk tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan bagian atas. Gerakan berkumur dianggap dapat membantu mengontraksikan dan mengendurkan otot kerongkongan sehingga tulang ikan dapat terlepas dengan sendirinya. 

Sementara air garam bisa membantu mengatasi iritasi atau peradangan yang disebabkan oleh goresan tulang ikan. Larutan ini dibuat dengan manyampurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, dan diaduk hingga benar-benar larut. Berkumurlah selama 30 detik dan keluarkan airnya, ulangi sampai kamu merasakan perubahan. 

2. Minum milkshake atau smoothies yang kental

Regal smoothies
iIlustrasi regal smoothies (yummy.co.id/chalista)

Minuman dengan tekstur kental seperti milkshake atau smoothies juga bisa menjadi cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan sebelah kiri, lho. Kepekatan minuman itu dapat membantu mendorong duri ikan masuk ke dalam tenggorokan.

Apalagi jika kamu agak memaksakan untuk menelan milkshake-nya, mungkin itu bisa memberikan dorongan yang lebih besar. Kedua jenis minuman tersebut semakin istimewa jika disajikan dalam keadaan dingin. Sebab suhu rendah bisa meredakan iritasi atau ketidaknyamanan yang disebabkan oleh duri ikan. 

3. Konsumsi minuman berkarbonasi

makanan yang harus dihindari saat sedang batuk
ilusrasi minuman dingin dan bersoda (freepik.com/racool_studio)

Minuman berkarbonasi adalah yang mengandung gas karbon dioksida yang biasanya terwujud dalam soda. Minuman dengan cita rasa unik ini telah digunakan sehari-hari untuk mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. 

Soda yang dikonsumsi akan melepas gas-gas tertentu ketika sampai perut. Gas-gas inilah yang membantu menghancurkan duri ikan dan membangun tekanan yang dapat mengeluarkannya dari tenggorokan.

Cukup minum soda secukupnya, sampai kamu bersendawa. Lalu amati apakah itu memberikan pengaruh terhadap rasa tidak nyaman di tenggorokan.

4. Minum sesuatu yang asam

cuka apel
ilustrasi cuka apel (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Dengan cara yang menyerupai soda, minuman asam seperti cuka juga dapat membantu melunakkan duri ikan yang sangat halus. Tulang yang lebih lunak akan lebih mudah ditelan, bahkan bisa larut dan hilang.

Kamu bisa mencoba metode ini dengan mengencerkan 2 sendok makan (sdm) cuka apel ke dalam segelas air. Bila terbiasa mengonsumsi cuka, kamu juga dapat meminum langsung sebanyak 1 sdm.

Cuka apel adalah pilihan yang patut dipertumbangkan karena rasanya agak mending dibanding cuka lain. Madu boleh ditambahkan bila kamu tak tahan dengan rasa masam yang berlebihan.

Baca Juga: ​10 Manfaat Cuka Apel, untuk Diet hingga Mengurangi Risiko Kanker

5. Telan pisang dalam potongan besar

ilustrasi buah pisang
ilustrasi buah pisang (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Cara lain untuk menyingkirkan tulang ikan di tenggorokan adalah dengan makan buah pisang. Buah ini aman karena memiliki tekstur lunak yang tidak akan melukai kerongkongan saat melewatinya. 

Gigit pisang dalam potongan yang besar dan tahan di mulut sekitar satu menit. Mengemut pisang akan membuatnya menyerap air liur. Setelah itu, telan pisang dalam satu tegukan tanpa mengunyahnya. 

Saat ditelan, pisang dapat mengangkut tulang ikan dan mendorongnya ke dalam perut. Jadi, pada akhirnya tulang ikan akan larut oleh asam lambung.

6. Nasi pulen

ilustrasi nasi putih
ilustrasi nasi putih (freepik.com/KamranAydinov)

Dalam situasi darurat seperti tersedak duri ikan, ternyata nasi bisa mengambil peran besar. Buat bola-bola nasi berukuran kecl yang bisa ditelan utuh. Setelah tertelan, tulang ikan seharusnya menempel pada nasi, dan terdorong ke dalam perut.

Makanan lain yang bisa ditelan untuk mengendurkan duri ikan adalah kentang rebus. Karena mirip dengan nasi yang lunak, kentang bisa menempel pada tulang ikan dan membawanya ke perut.

7. Roti

roti gandum
ilustrasi roti gandum (freepik.com)

Ada dua cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan dengan roti, nih. Teknik pertama adalah membuat roti basah dengan dicelupkan ke air atau susu.

Rendam selembar roti dalam air sampai permukaannya basah. Lalu lipat menjadi ukuran yang bisa ditelah secara utuh. Lewat cara ini duri ikan akan tertarik ke bawah karena ditekan bobot roti yang berat.

Sementara untuk metode kedua, kamu perlu selai kacang yang lengket untuk bisa menggait duri ikan dan mendorongnya ke perut. Lapisilah selembar roti dengan selai kacang, lalu ambil gigitan besar. Biarkan itu sejenak mengumpulkan uap air di mulut, kemudian telan dalam satu tegukan langsung.  

Segera minum air untuk melegakan tenggorokan. Hati-hati agar tidak tersedak.

8. Marshmellow

ilustrasi marshmellow
ilustrasi marshmellow (freepik.com/KamranAydinov)

Menggunakan marshmellow untuk menyingkirkan duri ikan di tenggorokan bukanlah pilihan yang aneh. Faktanya, tekstur lunak dari kudapan ini bermafnaat untuk menekan tulang ikan yang tersangkut. 

Kunyah beberapa buah marshmellow hingga cukup lembut dan basah, lalu telan sekaligus. Jaga potongan mashmellow sebesar mungkin saat ditelan. Tekstur lengket marshmellow akan mencengkeram duri ikan dan terbawa ke saluran pencernaan kamu.

Kiat-kiat sederhana di atas bisa menjadi cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan entah itu di sebelah kiri atau kanan. Sebaiknya tunggu beberapa saat untuk memantau benarkah duri sudah hilang.

Jika rasa sakit tidak kunjung hilang dan menganggu setelah mencoba cara di atas, pertimbangkan untuk menemui ahli kesehatan yang bisa memberi penanganan lanjut.

Baca Juga: 7 Cara Memilih Semangka Manis dan Matang Super Gampang!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ayu Putri Irianto

Ayu Putri Irianto

Roti Tawar Panggang Selai Kacang

Roti Tawar Panggang Selai Kacang

(5.0)

5 mnt

320

Artikel Lainnya di tips