Kecap Inggris: Pengertian, Kegunaan, dan Rekomendasinya

Kecap inggris bisa untuk penyedap makanan

Kecap Inggris: Pengertian, Kegunaan, dan Rekomendasinya

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Kebanyakan orang mungkin lebih mengetahui kecap yang sering kali digunakan sebagai pemanis pada makanan. Kecap manis biasa digunakan untuk membuat semur daging, semur ayam, ayam kecap, dan berbagai jenis masakan lainnya. Berbeda dengan saus yang rasanya pedas dan asam, sering kali digunakan untuk sajian bersama kentang goreng.

Tapi tahukah kamu? Kecap ternyata tidak hanya terdapat satu jenis saja, loh, ada pula jenis kecap inggris yang juga sering digunakan untuk memasak. Lalu sebenarnya apa itu kecap inggris? Yuk, simak penjelasannya di sini, ya.

Apa itu kecap inggris?

apa itu kecap inggris
ilustrasi kecap inggris (pexels.com/rachelclaire)

Sebutan asli dari kecap inggris adalah worcestershire sauce, yang mana memiliki tampilan berbeda dari kecap manis. Dibandingkan rasa manis, kecap inggris mempunyai ciri khas rasa asin, gurih, dengan warna hitam kecokelatan, dengan teksturnya yang cair.

Kecap inggris merupakan hasil fermentasi saus yang dibuat dari campuran cuka, asam, bawang merah dan bawang putih, tetes tebu, ikan teri, dan berbagai bahan lainnya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk kecap inggris tidaklah sama dengan kecap asin yang dibuat dari fermentasi kacang kedelai. Rasa gurih, asin, dan bau yang khas dari kecap inggris diperoleh dari campuran bahan-bahan yang beragam.

Baca Juga: 6 Saus Tiram Terbaik 2023 dan Pengertian, hingga Resep Lezatnya!

Kegunaan kecap inggris

kegunaan kecap inggris
ilustrasi penggunaan kecap inggris (pexels.com/williamchoquette)

Penggunaan kecap inggris juga cukup beragam, tidak hanya dijadikan sebagai pelengkap makanan saja. Berikut ini beberapa kegunaan kecap inggris dalam dunia kuliner.

1. Jadi saus untuk makanan

Kecap inggris kerap kali dijadikan saus untuk beberapa olahan masakan. Tak jarang, kecap inggris digunakan sebagai saus untuk barbeku dan juga bumbu udang, untuk menambah rasa gurih dan asin pada makanan.

2. Marinasi bahan makanan

Selain itu, kecap inggris juga bisa digunakan untuk memarinasi bahan makanan sebelum dimasak menggantikan kecap ikan. Bahan makanan yang dimarinasi dengan kecap inggris akan memiliki rasa yang lebih lezat.

3. Penyedap rasa

Kecap inggris yang terbuat dari berbagai macam bahan ini, bisa memberikan rasa yang lebih nikmat terutama pada olahan sup dengan tekstur yang kental. Rasa gurih, asin, dan wangi khas dari ikan teri serta cuka, akan memberikan warna baru pada masakan.

4. Untuk memasak

Kegunaan kecap inggris selanjutnya adalah untuk menggoreng, menumis, mengukus, memanggang makanan seperti sayuran ataupun daging. Bisa dioleskan sebelum makanan dimasak, ataupun dicampurkan ketika makanan sedang digoreng dan ditumis.

Rekomendasi merek kecap inggris terbaik

rekomendasi kecap inggris untuk makanan
ilustrasi kecap inggris untuk makanan (freepik.com/stockking)

1. ABC Kecap Inggris

rekomendasi ABC kecap inggris
ilustrasi ABC kecap inggris (shopee.co.id/heinzabcindonesiaofficialstore)

Merek kecap inggris yang satu ini pasti sudah kamu ketahui, kan? Ya, tak hanya kecap inggris, merek ABC juga banyak mengeluarkan produk seperti saus pedas dan juga kecap manis.

Kecap inggris dari merk ABC ini dibuat menggunakan bahan rempah yang berkualitas, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Kecap inggris dari ABC cocok digunakan untuk dressing makanan ataupun bahan marinasi.

2. Saus 58 Kecap Inggris

rekomendasi saus 58 kecap inggris
ilustrasi saus 58 kecap inggris (instagram.com/saos58)

Selanjutnya ada kecap inggris dari merek Saus 58 yang termasuk ke dalam rekomendasi dari Yummy App. Kecap inggris yang satu ini cocok digunakan untuk memasak, menumis, menggoreng makanan seperti pembuatan bistik. Karena terbuat dari rempah pilihan Indonesia, Saus 58 Kecap Inggris mempunyai rasa yang lezat.

3. Harum Sedap Kecap Inggris

rekomendasi merek harum sedap kecap inggris
ilustrasi harum sedap kecap inggris (shopee.co.id/shopeesupermarket)

Harum Sedap Kecap Inggris mempunyai kualitas mutu yang tinggi dan sudah diklaim halal untuk digunakan. Kamu bisa menggunakan kecap inggris yang satu ini sebagai penyedap rasa pada beberapa masakan seperti ikan dan daging.

Itu dia pengertian, fungsi, hingga rekomendasi kecap inggris yang sudah diklaim halal dan tercatat di BPOM. Ayo mulai memasak menggunakan kecap inggris untuk rasa makanan yang menggugah selera!

Baca Juga: 6 Merk Kecap Ikan Terbaik 2023 dan Nutrisinya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hana Arnin

Hana Arnin

Tumis Ayam Saus BBQ Kecap Inggris

Tumis Ayam Saus BBQ Kecap Inggris

(5.0)

5 langkah

841

Artikel Lainnya di tips