10 Makanan Saat Hujan Paling Enak, Cocok Menemai Harimu

Nikmat di mulut, hangat di perut.

10 Makanan Saat Hujan Paling Enak, Cocok Menemai Harimu

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Tidak disangka bulan ini sudah memasuki musim penghujan. Suhu udara pun menjadi sangat dingin, terutama di malam hari. Tak hanya itu, pergantian musim juga kadang membuat badan lebih rentan terkena demam.

Musim hujan seperti ini, memang enaknya memakan makanan berkuah. Tentunya ditemani dengan drakor atau film favorit di kamar. Mengonsumsi makanan yang berkuah bukan hanya nikmat di mulut tapi juga hangat di perut. Inilah rangkuman 10 makanan yang paling enak dinikmati saat hujan:

Indomie Kuah

Ilustrasi indomie kuah
Ilustrasi indomie kuah (unplash.com/Ke Vin)

Makanan pertama daftar makanna jhujan ini, memang sangat spesial. Indomie kuah memang menjadi makanan utama yang biasanya dimakan saat hujan. Kenikmatan mie indomie yang dipadukan dengan kuah kentalnya memang menjadi nikmat yang tidak bisa diduakan. Kenikmatan ini akan bertambah jika ditambahkan telur maupun cabai rawit sebagai pelengkap yang sempurna.

2. Bakso

beberapa variasi bakso Mblenger Manahan
Potret beberapa variasi bakso Mblenger Manahan (Google Maps/Bakso Mblenger Manahan)

Bakso juga menjadi salah satu makanan favorit yang bisa dinikmati saat hujan. Makanan yang berasal dari daging giling ini memang memiliki cita rasa yang sangat memikat. Bumbu kuahnya yang gurih juga tak kalah nikmat dan segar. Kamu juga bisa menyusuaikan level kepedasannya sesuai dengan selera kamu.

Baca Juga: 12 Resep Bakso Bakar Enak dan Menggugah Selera

3. Seblak

resep seblak kuah (flickr.com/citralukitarini)
resep seblak kuah (flickr.com/citralukitarini)

Baca Juga: 10 Resep Seblak Viral, Bikin Ngiler dan Nagih

Makanan yang berbahan dasar kerupuk ini, juga tidak kalah nikmat dengan makanan berkuah lainnya. Makanan ini cenderung memiliki rasa pedas yang menantang. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan beberapa bahan seperti bakso, sosis, ceker, makaroni, dan lainnya. Tidak hanya nikmat, makanan ini juga sangat menghangatkan tubuh ketika hujan.

4. Mie Godog Jawa

Ilustrasi mie jawa
Ilustrasi mie jawa (yummy.co.id/Rose Shanty)

Jika kamu orang Jawa, tentunya akan sangat mengenal makanan satu ini. Mie Godog Jawa memang memiliki cita rasa yang khas dibanding dengan mie rebus lainnya. Cita rasa bawangnya dipadukan dengan kuahnya yang kental membuat masakan ini tidak boleh kelewatan untuk dinikmati saat hujan. Kamu akan merasakan rasa yang medog dipadukan dengan mie kenyal dan kuah yang kental yang sempurna.

5. Ramen

Ilustrasi Chicken Collagen Ramen
Ilustrasi Chicken Collagen Ramen (champ-group.com)

Masakan Jepang ini menjadi menu favorit selanjutnya. Ramen memiliki cita rasa yang unik dan nikmat untuk dinikmati saat hujan. Perpaduan ayam dan telur di atasnya juga menjadi daya tariknya. Kamu juga bisa menikmatinya bersama dengan keluarga atau sendiri di kamar, dengan menonton drakor favoritmu.

6. Tom Yum

Ilustrasi Tom Yum
Ilustrasi Tom Yum (freepik.com/jcomp)

Jika kamu ingin makanan berkuah, tapi juga ingin sayur. Maka, inilah Tom Yum. Tom Yum adalah makanan berkuah yang bisa kamu campurkan dengan sayur, seafood, dan daging. Makanan asli Thailand ini cenderung memiliki rasa yang asam. Meskipun begitu, ketika semua bahan sudah dicampurkan kamu akan mendapatkan cita rasa yang nikmat dan segar.

7. Bakwan Malang

Ilustrasi bakwan Malang
Ilustrasi bakwan Malang (istockphoto.com/ferlistockphoto)

Bakwan Malang atau kadang disebut dengan Bakso Malang menjadi makanan favorit selanjutnya. Makanan ini biasanya terdiri dari campuran bakso, bakwan rebus, pangsit goreng, tahu, dan bihun. Bakwan Malang sendiri biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Makanan ini akan sangat pas untuk kamu yang sedang kedinginan saat hujan.

8. Sayur Sop

resep sayur sop
ilustrasi sayur sop (yummy.co.id/maryamzj)

Jika kamu ingin sayur, maka sayur sop lah jawabannya. Sayur ini memadukan antara kol, kentang, dan wortel. Kamu juga bisa menambahkan makaroni, bakso, sosis, ataupun daging sebagai pelengkapnya. Makanan ini memang sangat menghangatkan, terutama bagi kamu yang merasa tidak enak badan saat pergantian musim hujan.

9. Soto Betawi

salah satu makanan khas betawi, soto betawi
ilustrasi soto betawi (www.yummy.co,id/Laila Dawud)

Makanan khas Betawi ini memang sangat cocok dimakan saat hujan. Makanan dengan kuah yang gurih dan creamy ini memiliki cita rasa yang sangat kental dan segar. Soto Betawi memang sangat enak dinikmati dengan nasi atau emping. Jika kamu suka pedas, kamu juga bisa menambahkan cabai ataupun sambal di atasnya.

10. Sayur Lodeh

makanan berkuah sayur lodeh
ilustrasi sayur lodeh (commons.wikimedia.org/iNews)

Makanan kuah terakhir adalah sayur lodeh. Makanan kuah bersantan ini memang memiliki cita rasa yang creamy dan nikmat saat disajikan kala hujan. Sayur lodeh sendiri terdiri dari daun melinjo, kacang panjang, dan labu siam. Kamu juga menambahkan sayuran lain atau tempe sesuai dengan selera. Sayur lodeh memiliki cita rasa yang gurih dan segar sehingga cocok sebagai menu musim hujan.

Itulah beberapa makanan yang cocok dinikmati saat hujan. Makanan di atas bukan hanya nikmat tapi juga bisa menghangatkan tubuh. Tidak hanya saat musim hujan, kamu juga bisa menikmatinya saat merasa tidak enak badan. 

Kamu bisa mendapatkan resep dari menu di atas dari Yummy App. Kamu juga akan menemukan resep, rekomendasi, dan wawasan kuliner lainnya di dalamnya!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Indomie Shoyu Ramen

Indomie Shoyu Ramen

(4.5)

3 mnt

1.6 rb

Artikel Lainnya di tips