Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

10 Makanan Khas Ambon yang Enaknya Kebangetan!

Ambon, kota di Maluku yang punya kuliner lezat!

Ambon merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Maluku. Bukan hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, Kota Ambon juga punya kuliner yang juga tak kalah terkenalnya.

Rasanya makanan khas Ambon tak ada yang gagal dan lezat semua. Langsung saja intip, yuk, ada makanan khas Ambon apa saja yang bisa kamu coba, tentunya hanya di Yummy App!

Iklan - Scroll untuk Melanjutkan

1. Papeda

ilustrasi papeda kuah kuning (yummy.co.id/jeehankitchen)

Gak afdal rasanya kalau kamu pergi ke Ambon tapi melewatkan papeda makanan khas Ambon yang cukup populer. Papeda terbuat dari sagu dengan rasa yang sedikit hambar, namun terkadang juga diberikan merica dan sedikit garam agar lebih berasa.

Di Ambon, papeda sering dijadikan pengganti nasi, karena cukup dapat mengganjal perut yang lapar. Biasanya papeda disajikan bersama kuah kuning, agar lebih terasa lezat. Jika kamu ingin mencoba membuat papeda, bisa coba untuk ikuti resep di laman Yummy Appini!

2. Sambal Colo-Colo

ilutrasi sambal colo-colo (yummy.co.id/sitimudrikah)

Ambon juga punya sambal colo-colo yang khas dan biasa menjadi pendamping berbagai makanan berat. Biasanya sambal colo-colo sangat cocok jika disandingkan dengan makanan laut seperti ikan.

Sambal colo-colo terbuat dari bahan-bahan yang hampir sama dengan pembuatan sambal lainnya. Hanya saja bedanya sambal ini menggunakan seledri untuk menambah rasa. Untuk resep sambel colo-colo, bisa kamu lihat di sini!

Baca Juga: ​15 Resep Masakan Khas Medan, dari Mi Balap sampai Bika Ambon

3. Nasi Kuning Bagadang

ilustrasi nasi kuning bagadang (yummy.co.id/siswinarti)

Untuk kamu yang senang berkeliling di malam hari, bisa, nih, coba nasi bagadang khas Ambon yang tersedia di malam hari. Nasi kuning begadang biasa disajikan bersama serundeng, ikan, acar, sambal mentah, ayam goreng, dan beberapa topping lainnya. Kamu bisa intip resep di laman Yummy App untuk membuat nasi kuning bagadang.

4. Ikan Asap Ambon

ilustrasi ikan asar (yummy.co.id/nulli)

Makanan khas Ambon selanjutnya ada ikan asap atau biasa lebih dikenal dengan sebutan ikan asar. Ikan akan dibumbui lebih dulu mentah-mentah, lalu ditusuk dengan bambu, dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Setelah itu, ikan baru dimasak dengan cara diasapi sampai matang. Ikan yang digunakan biasanya ikan tongkol, cakalang, ataupun ikan tuna. Untuk tahu cara masaknya, kamu bisa mengikuti resep dan cara membuatnya di sini.

5. Rujak Natsepa

ilustrasi rujak netsapa (yummy.co.id/hanaarnin)

Ambon juga punya rujak khasnya yang bernama rujak natsepa. Rujak ini hampir sama dengan rujak pada umumnya yang berisikan buah mangga, nanas, kedondong, belimbing, pepaya, dan buah lainnya.

Bedanya, saus dari rujak natsepa terbuat dari potongan buah pala yang dicampur dengan kacang tanah dan gula merah. Jika kamu tertarik untuk coba buat rujak natsepa sendiri di rumah, bisa langsung ikuti resepnya di sini.

6. Kue Asida

ilustrasi kue asida (yummy.co.id/nulli)

Kudapan lain dari Ambon yang rasanya enak dan bisa dinikmati saat bersantai adalah kue asida. Kue ini memiliki rasa kayu manis, dan terbuat dari olahan sagu.

Kue asida punya tekstur yang lembut, dan biasanya hanya disajikan di momen tertentu seperti bulan puasa. Kamu bisa membuat kue asida dengan mengikuti resep dari laman Yummy App.

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Padang Terpopuler, Wajib Dibeli!

7. Ikan Kuah Pala

ilustrasi ikan kuah pala (yummy.co.id/dapurpanda)

Makanan khas Ambon lainnya berbahan dasar ikan lagi, yang diberi nama ikan kuah pala. Disebut ikan kuah pala karena bumbunya yang dibuat menggunakan rempah pala yang dicampur dengan cabai.

Rasa ikan kuah pala ini cukup asam tapi menyegarkan. Ikan kuah pala ini sering kali dimasak sebagai makanan sehari-hari oleh masyarakat Ambon. Bagi kamu yang tertarik memasak ikan kuah pala. ikuti resep dan cara membuatnya di sini.

8. Roti Kering Kenari

ilustrasi roti kering kenari (yummy.co.id/depaykitchen)

Kembali ke kudapan, Ambon punya roti kering kenari yang tentunya berbahan dasar dari kacang kenari. Rasanya gurih namun juga manis karena dicampurkan dengan karamel.

Makanan satu ini juga sering menjadi sasaran turis yang berkunjung ke Ambon. Roti kering kenari juga bisa kamu buat di rumah dengan resep ini.

9. Kohu-Kohu

ilustrasi kohu-kohu (yummy.co.id/ardhaniluvnabva)

Kalau Jawa punya makanan urap sayur, Ambon juga punya kohu-kohu yang mirip dengan makanan dari Jawa tersebut. Kohu-kohu berisikan sayuran seperti kemangi, mentimun, tauge, dan kacang panjang.

Kohu-kohu dimasak dengan rempah-rempah seperti jeruk nipis, bawang merah, dan bawang putih. Ikuti resep kohu-kohu ala Yummy App untuk membuatnya.

10. Pisang Asar

ilustrasi pisang asar (yummy.co.id/depaykitchen)

Pisang asar merupakan pisang khas Ambon yang diolah dengan cara dibakar dengan arang. Pisang asar sangat cocok menjadi teman kopi atau teh dan dinikmati sore hari bersama teman ataupun keluarga.

Kamu bisa menambahkan topping seperti kacang atau cokelat untuk menambah kelezatannya. Cara membuatnya juga tergolong mudah dan bisa kamu lihat resep pisang asar ala Yummy App.

Nah, sekarang kamu tahu kan kalau makanan khas Ambon ternyata beragam dan lezat semua. Kamu juga sekarang bisa membuat makanan khas Ambon sendiri di rumah, karena sudah banyak resep dan cara membuatnya yang bisa kamu ikuti. Untuk melihat resep lainnya, kamu bisa berkunjung ke laman Yummy App!

Baca Juga: 20 Makanan Khas Maluku, Kuliner Unik Indonesia Timur

Bagikan: