Serupa tapi Tak Sama Ternyata Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang

Dikira kuliner yang sama, ketahui perbedaannya!

Serupa tapi Tak Sama Ternyata Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Berasal dari pulau yang sama, yakni Sumatera Barat, baik nasi kapau dan nasi padang selalu menjadi favorit masyarakat hingga diberbagai pulau lain. Kedua kuliner ini khas dengan jajaran pilihan lauknya yang sangat beragam yang bebas dipilih sendiri, dengan bercita rasa khas rempah Minang, yang dipadukan dengan variasi bumbu santan dan sambal hijau.

Walau banyaknya hal identik dari keduanya, ternyata nasi kapau dan nasi padang sebenarnya memiliki beberapa perbedaan, lho! Jika ingin tahu lebih detail perbedaannya, simak artikel Yummy App ini sampai habis mengenai perbedaan nasi kapau dan nasi padang. Yuk, let’s check!

1. Beda asal daerah

1. Beda asal daerah
illustrasi nasi kapau dan nasi padang (instagram.com/eatbooksg)

Sama-sama berasal dari Sumatera Barat, nasi kapau dan nasi padang ternyata pertama kali muncul di daerah yang berbeda. Nasi kapau berasal dari Desa Nagari, Kabupaten Agam, Pulau Kapau, Sumatera Barat. Sedangkan, nasi padang berasal dari Kawasan Minangkabau, Sumatera Barat.

2. Ragam lauk yang tersaji

gulai tambusu
ilustrasi gulai tambusu (instagram.com/nasikapaupaknin)

Meskipun menu yang tersaji sangat identik, tapi ada beberapa perbedaan dari masakan kedua kuliner ini. Baik nasi kapau dan nasi padang memiliki menu signature, yakni gulai. Tapi bedanya, gulai milik rumah makan nasi kapau cenderung kental dengan rasa yang lebih tebal. Sedangkan nasi padang kuah gulainya lebih ringan.

Perbedaan lainnya yang bisa kamu temui yakni, beberapa menu yang tersaji di rumah makan nasi kapau ternyata tidak tersedia di rumah makan nasi padang. Seperti menu khas dari setiap rumah makan nasi kapau yaitu gulai tambusu. Gulai ini memiliki lauk usus sapi yang diisi dengan tahu dan telur, sehingga terlihat seperti kantong yang menggembung. Menu satu ini, yang selalu laris di nasi kapau.

Kemudian nasi kapau juga memiliki menu rendang daka-daka. Biasanya rendang pada nasi padang berlauk daging sapi, berbeda dengan rendang daka-daka yang berlauk nangka muda. Menu lainnya khas dari nasi kapau yang tidak ada di nasi padang, antara lain ikan mas bertelur, gulai kapau, dan dendeng balado.

Bahkan untuk segi sajian sayuran juga berbeda. Nasi kapau tersaji hanya dengan sayur kol, dan kacang panjang. Sedangkan nasi padang tersaji dengan sayuran yang lebih lengkap, seperti sayur daun singkong, nangka, dan rebung.

Baca Juga: ​Berapa Kalori Nasi Padang dalam Satu Porsinya? Cari Tahu Yuk!

3. Cara memamerkan lauk

lauk nasi padang
ilustrasi lauk nasi padang (instagram.com/synthiatjipto)

Perbedaan nasi padang dan nasi kapau berikutnya, yakni tata letak lauk pauk yang dipamerkan. Dalam rumah makan nasi kapau, lauk disajikan pada wadah yang ditata bertingkat seperti tangga pada meja besar, dan tempat penjual berdiri akan lebih tinggi sehingga memudahkan untuk mengambil lauk yang dipesan.

Sedangkan rumah makan nasi padang akan memamerkan lauk pauk pada piring-piring yang disusun ke atas, dalam etalase kaca. Sehingga orang-orang di luar depot dapat melihat langsung lauk yang tersaji.

4. Cara pemesanan

4. Cara pemesanan
illustrasi pemesanan nasi kapau (isntagram.com/andre_sasmita)

Sobat Yummy harus tahu, nih. Bahkan pemesanan di rumah makan kedua kuliner ini juga berbeda, lho!

Rumah makan padang memiliki dua cara pemesanan. Biasanya langsung menghampiri etalase kaca dan memilih lauk pauk, yang ingin dimakan.

Tapi beberapa rumah makan padang memiliki konsep pemesanan yang berbeda. Sobat Yummy hanya perlu duduk di bangku makan yang tersedia. Kemudian pramusaji akan mengantar seluruh menu yang available di rumah makan pada saat itu, selanjutnya kamu bebas memilih lauk yang ingin kamu makan.

Biasanya dengan konsep tersebut, piring lauk akan ditutup dengan plastik wrap. Sedangkan cara pembayarannya adalah menghitung piring mana saja yang telah dibuka plastik wrapnya.

Sementara rumah makan nasi kapau, hanya memiliki konsep pemesanan yang langsung memilih lauk pada penjual, pesanan kamu akan diantar ke meja makan.

Baik nasi kapau maupun nasi padang memang memiliki cita rasa nikmat yang tak tertandingi. Ternyata kedua memiliki perbedaan yang tidak hanya dari asal daerah, tapi keduanya memiliki beberapa menu lauk yang berbeda. Jadi, kalian tim nasi kapau atau nasi padang?

Baca Juga: Resep Rendang Padang Enak, Empuk dan Otentik, Dijamin Jadi Favorit!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

selvia oktaviani

selvia oktaviani

Gulai Telur Padang

Gulai Telur Padang

(5.0)

45 mnt

301

Artikel Lainnya di kuliner