Dapatkan 8 Khasiat Madu untuk Wanita, Jika Kamu Rutin Meminumnya!

Nikmati khasiat yang akan didapatkan, jika rutin minum madu!

Dapatkan 8 Khasiat Madu untuk Wanita, Jika Kamu Rutin Meminumnya!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Khasiat madu sudah tidak perlu diragukan lagi. Terlebih rasanya yang manis legit, dengan nutrisi tinggi di dalam membuat madu digemari, dan tak jarang orang mengonsumsinya setiap hari untuk mengharap khasiat kerennya.

Sejak dulu memang madu dipercaya memiliki segudang manfaatnya bagi kesehatan. Terlebih khasiatnya untuk wanita. Bahan pangan ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh, memelihara kesehatan hingga ampuh sebagai perawatan kecantikan wanita.

Mau tahu lebih detail? Yuk, intip khasiat madu untuk wanita seperti yang telah dirangkum Yummy App di bawah ini!

1. Mengatasi keputihan pada wanita

Keputihan pada wanita disebabkan oleh jamur Candidaspp.. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi madu secara rutin.

Hal tersebut telah dibuktikan pada hasil studi terbitan AIP Conference Proceedings (2016), bahwa madu memiliki aktivitas antijamur pada jamur Candidaspp.. Pengonsumsian rutin madu bagi wanita dapat memunculkan khasiat keseimbangan flora normal pada vagina.

2. Kebugaran saat haid

madu untuk mengatasi madu
ilustrasi wanita nyeri haid (pixabay.com/saranya7)

Khasiat madu untuk wanita berikutnya yakni dapat menjaga kebugaran saat wanita sedang haid. Perubahan hormon saat kondisi haid, membuat wanita biasanya merasa lelah, perubahan suasana hati, cemas, hingga jatuh sakit. Maka, dengan mengonsumsi madu, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya mampu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

3. Mencegah resiko kanker pada wanita

Perlu Sobat Yummy tahu, madu memiliki potensi sebagai antikanker dan antioksidan, lho! Hal ini selaras dengan penelitian terbitan Voprosy Onkologi yang telah membuktikan madu memiliki aktivitas antikanker pada sel kanker payudara.

Selain itu, masih banyak studi lain yang juga membuktikan manfaat madu sebagai antikanker dan ampuh mencegah sel kanker servik, kanker mulut, hingga penyakit kronis lainnya. Bahkan madu disebut sebagai agen kemoterapi yang menjanjikan di masa depan.

Baca Juga: Perbedaan Madu Asli dan Palsu, Kamu Harus Tahu!

4. Memelihara kualitas sel telur

madu meningkatkan kualitas sel telur
ilustrasi rahim (pixabay.com/ljnovascotia)

Madu dikenal dengan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Kandungan dalam madu yang baik inilah yang mampu menjaga kesehatan indung telur dan kualitas sel telur pada reproduksi wanita lebih terjaga.

Tidak hanya pada wanita, madu juga mampu meningkatkan kualitas sperma pria. Maka dari itu, pengonsumsian madu secara rutin sangat dianjurkan untuk pengantin muda, karena dapat meningkatkan kesuburan reproduksi.

5. Pelembab kulit

Tidak hanya kesehatan tubuh, madu juga memiliki khasiat pada kecantikan. Jika Sobat Yummy memiliki masalah kondisi kulit wajah yang kering, kamu bisa memanfaatkan madu untuk mengatasinya.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengaplikasikan madu sebagai masker wajah dengan mengoleskan madu secara langsung pada wajah. Lalu diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air. Racikan lainnya yakni, Sobat Yummy bisa menambahkan berbagai bahan lain seperti susu, yogurt atau oatmeal, untuk mendukung kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

6. Menyembuhkan jerawat

madu untuk mengatasi jerawat
ilustrasi bekas jerawat teratasi dengan madu (pixabay.com/kjerstin_michaela)

Selain melembabkan kondisi kulit kering, madu juga mampu menyembuhkan jerawat. Bahan pangan ini memiliki senyawa antiinflamasi dan dapat menyembuhkan peradangan yang muncul saat berjerawat. Selain itu, jika Sobat Yummy rutin memanfaatkan madu sebagai masker wajah, maka noda bekas jerawat juga dapat tersamarkan secara cepat.

7. Mengatasi bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah menganggu penampilan cantikmu? Cara mengatasinya yakni dengan mengoleskan madu pada bibir seperti layaknya lip balm.

Jika Sobat Yummy mengoleskannya pada malam hari, maka keesokannya kamu akan mendapatkan bibir yang lebih sehat dan lembab. Hal ini karena kandungan beberapa enzim pada madu dapat menstimulasi produksi sel kulit baru dan mengangkat sel kulit mati pada bibir, sehingga bibir memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus.

8. Meningkatkan imun tubuh

madu untuk menjaga imun tubuh
ilustrasi wanita sehat (pixabay.com/shad0wfall)

Pada umumnya wanita tidak hanya mengurus pekerjaan, tapi juga rumah tangga. Sehingga sangat sibuk membuat kekebalan tubuh sering kali terganggu.

Maka untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dapat mengonsumsi madu secara rutin. Tinggi nutrisi, dan vitamin, hingga potensial madu sebagai antioksidan, antikanker, antiinflamasi, dapat menunjang sistem imun tubuh.

So, itu tadi khasiat yang akan kamu dapatkan jika meminum madu secara rutin khusus wanita. Rekomendasi cara mengonsumsi madu, Sobat Yummy bisa menyeduhnya dengan teh hangat, atau menjadi campuran yogurt bahkan oatmeal untuk sarapan.

Baca Juga: Oatmilk Solusi untuk Dietmu: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Buat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hana Arnin

Hana Arnin

Honey Garlic Chicken Steak

Honey Garlic Chicken Steak

(5.0)

5 langkah

1.2 rb

Artikel Lainnya di nutrisi