10 Manfaat Petai yang Baik untuk Kesehatan

Di balik baunya yang khas, ternyata terdapat manfaat

10 Manfaat Petai yang Baik untuk Kesehatan

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Bagi beberapa orang petai memiliki bau khas, dan menyengat. Petai sendiri memiliki bau yang khas dikarenakan kandungan asam amino dengan unsur sulfur dalam bijinya. Meskipun baunya tidak terlalu enak, namun masih banyak masyarakat yang suka akan cita rasanya.

Jika setiap kekurangan memiliki kelebihan, petai pun juga memiliki kelebihan. Disamping baunya yang tidak terlalu enak, kandungan nutrisi yang ada di petai membuat petai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti berikut:

Kandungan pada petai

Ilustrasi petai
Ilustrasi petai (istockphoto.com/sukhon uppakorn)

Walaupun petai memiliki bau yang khas, dan menyengat. Disisi lain, petai juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram petai terkandung beberapa nutris, seperti:

  • 92 kalori
  • 77 gram air
  • 5,4 gram protein
  • 15 gram karbohidrat
  • 2 gram serat
  • 14 miligram kalsium
  • 1,6 miligram zat besi
  • 170 miligram fosfor
  • 221 miligram kalium
  • 55 miligram natrium
  • Vitamin C, B1, B2, B3. dan E
  • Antioksidan (flavonoid dan fenolik)

Manfaat pada petai

Ilustrasi petai
Ilustrasi petai (istockphoto.com/ValentynVolkov)

Beberapa orang mungkin tidak terlalu suka dengan baunya yang menyengat. Meskipun begitu, ternyata buah pemilik bau menyengat ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:

1.  Mencegah Diabetes

Petai memiliki kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol yang berperan dalam mengontrol kadar gula darah sehingga dapat mencegah lonjakan kadar gula darah yang menjadi penyebab terjadinya diabetes.

2. Menjaga kesehatan jantung

Petai ternyata juga bisa menjaga kesehatan jantung, lho. Kandungan kalium pada petai mampu menjaga denyut jantung dan tekanan darah tetap stabil. Selain itu, petai juga berperan dalam membantu mengatur fungsi otot pada jantung. Tak heran, jika petai menjadi salah satu buah yang bermanfaat untuk menutrisi jantung.

3. Meredakan depresi

Kandungan zat trytophan yang terdapat pada petai dapat berdampak baik bagi kesehatan mental, seperti membuat tubuh menjadi lebih rileks, memperbaiki mood, bahkan membuat tubuh terasa lebih bahagia. Tak hanya itu, petai juga memiliki kandungan triptofan yang dapat membuat syaraf otak menjadi lebih rileks dan mampu mengurangi risiko stress.

4. Mencegah Anemia

Buah yang terkenal akan baunya ini ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi yang ada di dalam petai dapat mencegah munculnya anemia. Dengan mengonsumsi petai akan membuat zat besi bertambah dan terhindar dari permasalahan anemia.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Petai memiliki kandungan potasium dan rendah garam. Hal ini membuat petai dapat menyeimbangkan detak jantung sehingga aliran darah dapat mengalir dengan stabil. Petai juga memiliki kandungan triptofan yang dapat membuat saraf otak menjadi lebih rileks sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

6. Mencegah kegemukan

Serat yang ada pada petai dapat membuat siapapun yang memakannya kenyang lebih lama. Kandungan serat yang tinggi yang terdapat pada petai dapat mengikat lemak dan mencegah kegemukan. Tak hanya itu, pete juga bisa mengurangi level stress yang dapat menjadi salah satu faktor risiko kegemukan. 

7. Mengatasi infeksi

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa petai dapat membunuh kuman serta jamur yang menjadi sebab dari munculnya infeksi. Hasil penelitian ini memberikan petunjuk bahwa petai dapat digunakan sebagai antibakteri.Kamu bisa mengonsumsinya dengan cukup untuk mencegah infeksi.

8. Mencegah stroke

Bedasarkan penelitian yang dilakukan oleh The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa mengonsumsi petai dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit stroke pada manusia.

9. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat yang ada pada petai dapat membuat pencernaan menjadi lancar. Hal ini tentunya dikarenakan serat dapat menjaga tekstur fases tetap lembut. Tak hanya itu, serat juga membantu dalam menciptakan bakteri baik untuk melindungi usus dari bakteri jahat yang berbahaya.

10. Membantu kebiasaan berhenti merokok

Sobat Yummy ingin mencoba berhenti merokok? Kamu bisa mencoba dengan mengonsumsi petai. Petai mengandung vitamin B6, B12, kalium, dan magnesium yang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Petai juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masukke tubuh.

Jadi, bagaimana Sobat Yummy?

Meskipun memiliki bau yang menyengat, petai ternyata juga memiliki beribu manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan. Namun, buah petai  juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena apapun yang berlebihan tentunya tidak akan baik bukan?

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App!Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Siti Ramlah

Siti Ramlah

Tumis Udang Petai

Tumis Udang Petai

(5.0)

30 mnt

3.1 rb

Artikel Lainnya di nutrisi