10 Daftar Sayuran Hijau, Baik untuk Kesehatan

Wajib ada di setiap santapan harianmu, ya!

10 Daftar Sayuran Hijau, Baik untuk Kesehatan

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Menjaga pola makan hidup sehat penting karena itu memengaruhi kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan.

Salah satu habit penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh adalah mengkonsumsi makan-makanan sehat. Nah, sayuran merupakan salah satu alternatif yang paling direkomendasikan untuk sering dikonsumsi.

Sayuran hijau memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti kaya akan serat, vitamin, dan mineral penting yang diperlukan tubuh.

Serat membantu menjaga pencernaan sehat. Sementara vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, K, dan zat besi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan memberikan energi.

Lalu, jenis sayuran hijau apa saja yang wajib ditambahkan dalam menu makan sehari-hari? Ini dia rekomendasinya.

1. Bayam

Di urutan pertama ada bayam, sayuran hijau padat nutrisi yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Dikemas dengan vitamin A, C, dan K, bersama zat besi dan folat, nutrisi tersebut meningkatkan kekuatan tulang, kesehatan kulit, dan fungsi darah yang optimal. 

Bayam juga mengandung antioksidan yang dapat berkontribusi mengurangi peradangan. Apalagi rasanya yang lembut dan sedikit manis, membuat bayam cocok diolah menjadi aneka sajian. Mulai dari salad, smoothie, atau hidangan matang.

2. Brokoli

ilustrasi brokoli yang sudah dikeringkan
ilustrasi brokoli kering (unsplash.com/Tyrrell Fitness And Nutrition)

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang paling banyak digandrungi. Melansir Healthlinebrokoli mengandung vitamin A, K, mangan, dan asam folat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk ibu hamil.

Tidak hanya itu brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang dikenal karena potensi khasiatnya melawan kanker, mendukung kesehatan jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

3. Pakcoy

Pakcoy merupakan sejenis kubis China. Termasuk sayuran rendah kalori dengan rasa yang unik, yakni kombinasi bayam dan kubis.

Sayuran mungil ini kaya akan vitamin A dan C yang mendukung kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Tekstur pakcoy yang renyah pun menambah nikmat saat disajikan sebagai tumisan dan salad.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas, Bisa Tetap Segar Kok!

4. Kangkung

ilustrasi tumis kangkung
ilustrasi tumis kangkung (pixels.com/lulu)

Kabar baik bagi kamu yang suka makan kangkung, nih. Sayur dengan nama latin Ipomoea aquatica ini merupakan salah satu sayur terpopuler di Asia Tenggara, lho.

Bukan tanpa alasan, selain sangat mudah didapat dan harganya murah, kangkung merupakan sumber nutrisi.

Penuh dengan antioksidan dan vitamin, kangkung terkenal sebagai makanan yang ampuh dalam mengontrol level gula darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan. 

5. Kubis Hijau

Kubis hijau adalah jenis sayuran hijau yang dikenal murah dan memberi banyak manfaat kesehatan. Kaya vitamin C dan K, mendukung fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. 

Kandungan seratnya yang tinggi membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Di luar profil nutrisinya, kubis hijau menawarkan rasa ringan dan sedikit pedas yang melengkapi berbagai hidangan.

6. Mentimun

ilustrasi irisan buah timun
ilustrasi buah timun (pixabay.com/stevepb)

Mentimun tidak hanya menyegarkan dan menghidrasi tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Sayuran hijau ini menawarkan berbagai vitamin K dan C, serta antioksidan. Tidak jarang, timun dimanfaatkan untuk masker wajah untuk mengurangi kulit gelap pada sekitar mata atau mata panda.

Selain itu, mentimun rendah kalori dan tinggi kandungan air, membantu pengelolaan berat badan dan meningkatkan hidrasi.

Rasanya yang lembut dan halus membuat mentimun cocok dikombinasikan dalam salad, sandwich.

Baca Juga: 7 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

7. Kacang Polong

Kacang polong adalah jenis sayuran hijau yang kaya serat. Jenis kacang-kacangan ini dapat mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengatur kadar gula darah. 

Kacang polong juga menyediakan sumber protein nabati yang baik, penting untuk pemeliharaan otot dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Manisnya alami kacang polong menjadikannya favorit dalam berbagai hidangan. Mulai dari tumis hingga sup, menambah rasa dan nilai gizi pada makanan.

8. Daun Singkong

sayur daun singkong
ilustrasi sayur daun singkong (dok. Yummy App/Bunda Cony)

Lalu, jangan lewatkan juga daun singkong yang murah dan mudah didapat. Sayuran hijau ini menawarkan sumber yang kaya vitamin, terutama A dan C, serta mineral penting seperti zat besi dan kalsium. 

Singkong mengandung antioksidan dan serat yang berkontribusi terhadap kesehatan pencernaan. Rasa daun singkong yang kuat, dengan rasa yang sedikit pahit cocok dipadukan dengan hidangan gurih.

9. Kailan

Kailan, juga dikenal sebagai brokoli China, adalah sayuran kaya nutrisi yang mengandung vitamin A dan C, penting untuk kesehatan kekebalan dan penglihatan.

Selain itu, kailan juga memberikan dosis kalsium dan zat besi yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan transportasi oksigen dalam tubuh. 

Di luar manfaat kesehatannya, kailan menawarkan rasa yang agak pahit dan sedikit manis. Menjadikannya tambahan serbaguna untuk tumisan, sup, atau sekadar ditumis sebagai lauk. 

10. Selada Romaine

jenis sayuran hijau selada romanie
ilustrasi selada romanie (freepik.com/racool-studio)

Selada romaine tidak hanya renyah dan menyegarkan tetapi juga merupakan sumber nutrisi. Daun hijau ini merupakan sumber vitamin K dan A yang sangat baik, yang masing-masing penting untuk kesehatan tulang dan penglihatan. 

Selain itu, seratnya yang tinggi membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga berat badan yang sehat.

Apalagim selada romanie tergolong rendah kalori dan tinggi air. Membuat sayuran ini cocok untuk menu santapan saat diet.

Baca Juga: 10 Sayuran Penurun Darah Tinggi, Alami dan Ampuh!

Setelah menyimak berbagai jenis sayuran hijau dengan kaya akan manfaat, kamu bisa mulai menyusun meal plan dengan melihat berbagai resep olahan sayur yang lezat dan tidak membosankan di Yummy App.

Mau lebih gampang cari resep dan rekomendasi kuliner lainnya? Yuk, download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Cheyl_via

Cheyl_via

Tumis Sayuran Saos Tiram Pedas

Tumis Sayuran Saos Tiram Pedas

(5.0)

10 mnt

2.2 rb

Artikel Lainnya di tips