11 Menu Makanan saat Idul Adha yang Wajib Ada

Idul Adha makin terasa lengkap, dengan menu makanan ini!

11 Menu Makanan saat Idul Adha yang Wajib Ada

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Umat muslim memiliki beberapa perayaan hari raya, yang salah satu di antaranya adalah Idul Adha. Idul Adha sendiri merupakan hari raya untuk memperingati peristiwa penyembelihan pada masa Nabi Ibrahim, a.s, yang juga sering disebut dengan lebaran haji.

Biasanya, saat merayakan hari raya Idul Adha, banyak orang yang akan menyiapkan berbagai sajian makanan yang nikmat untuk disantap bersama seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, suasana lebaran haji akan semakin terasa hangat dan menyenangkan, dengan makan bersama keluarga.

Untuk itu, Yummy App sudah punya rekomendasi menu makanan Idul Adha yang harus kamu siapkan, nih. Ada apa saja ya? Yuk, mari simak menu Idul Adha di bawah ini!

1. Rendang

menu makanan rendang
ilustrasi rendang (flickr.com/kylelam)

Siapa yang gak tahu menu masakan yang satu ini? Makanan khas dari Sumatera Barat ini, berbahan dasar dari daging sapi, yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah pilihan. 

Membuat rendang memang terbilang cukup rumit, karena harus mencampurkan rempah-rempah dan berbagai bumbu lainnya dengan benar. Namun, kesulitannya sangat sebanding dengan rasanya yang super lezat.

Karena itu, rendang menjadi makanan wajib yang harus kamu sajikan, untuk melengkapi perayaan Idul Adha. Banyak cara memasak rendang yang bisa kamu lihat dan ikuti, seperti pada laman yummy.co.id!

Baca Juga: 10 Resep Rendang Daging Sapi, Enak  dan Empuk Semua

2. Tengkleng

tengkleng
ilustrasi tengkleng kambing (flickr.com/sekartiara)

Tengkleng merupakan makanan yang bahan-bahannya terdiri dari tetelan kambing, seperti usus, hati, dan juga kaki kambing. Tengkleng sering disamakan dengan gulai kambing, hanya saja kuahnya lebih cair, dan ditambahkan dengan kaldu tulang, sehingga rasanya sangat gurih dan enak. Akan sangat disayangkan, jika Idul Adha kamu tidak ditemani oleh tengkleng sebagai pelengkap.

Baca Juga: Resep Tengkleng Kambing Khas Solo dan Tipsnya Agar Tidak Bau!

3. Semur Daging

semur daging
ilustrasi semur daging (flickr.com/maria)

Sama seperti rendang, semur juga tidak pernah absen kehadirannya untuk mengisi hari raya seperti Idul Adha. Jika rendang terkenal dengan rasa gurih dan pedas, semur daging dikenal dengan rasa manisnya yang memanjakan lidah. 

Rasa manis dari semur daging, diperoleh dari campuran kecap manis yang menjadi salah satu bahan pembuatan semur. Karena campuran kecap, tampilan dari semur daging ini jadi terlihat lebih pekat. Sobat Yummy yang suka dengan makanan manis, semur daging bisa jadi pilihan makanan yang bisa kamu santap saat Idul Adha.

Baca Juga: 15 Menu Makanan Khas Lebaran yang Sering Dimakan dan Wajib Ada

4. Tongseng

tongseng kambing
ilustrasi tongseng kambing (flickr.com/novidaopikurniasasi)

Sebenarnya, tongseng bisa dikatakan hampir sama dengan gulai kambing dan tengkleng. Namun, tongseng tetap memiliki beberapa bahan-bahan yang berbeda dengan kedua makanan tersebut, seperti kubis.

Tongseng mempunyai ciri khas rasa yang gurih, asin, dan juga manis, dengan kuahnya yang terlihat cukup pekat karena campuran kecap manis. Kamu bisa membuat tongseng dengan menggunakan daging sapi, maupun daging kambing.

Baca Juga: 6 Resep Tongseng Sapi yang Harus Kamu Coba!

5. Nasi Kebuli

nasi kebuli
ilustrasi nasi kebuli (flickr.com/belangaindonesia)

Makanan khas dari Timur Tengah ini juga menjadi makanan Idul Adha yang bisa kamu sajikan. Nasi kebuli ini dibuat dengan cara mencampurkan kaldu dan susu kambing dengan nasi yang hendak dimasak. Karena itulah, nasi kebuli ini mempunyai wangi dan rasa yang khas dan lezat.

Pembuatannya mungkin akan terasa cukup sulit, namun hasilnya tentu tidak akan mengecewakan. Kamu bisa menambahkan ayam goreng, dan beberapa sayuran, seperti tomat, mentimun, untuk dijadikan sebagai hiasan dan pelengkap, supaya tampilan dari nasi kebuli terlihat semakin cantik.

Baca Juga: 3 Resep Nasi Kebuli yang Gurih, Bisa Pakai Magic Com

6. Kambing Bakar Balanga

balanga
ilustrasi kambing bakar balanga (flickr.com/foodstories)

Sobat Yummy sudah tahu belum, kalau ada kambing bakar balanga, makanan khas dari Gorontalo, yang bisa juga kamu sajikan saat Idul Adha?

Nama balanga, digunakan sesuai dengan cara memasaknya yang menggunakan tanah liat. Sekilas memang mirip dengan rendang, tapi makanan balanga dibuat menggunakan daging kambing muda, dengan campuran rempah-rempah, seperti kapulaga.

7. Sate Kambing

sate kambing
ilustrasi sate kambing (flickr.com/alycewidjajanyeholt)

Pada perayaan Idul Adha, umat muslim biasanya melakukan penyembelihan kambing ataupun sapi. Setelah disembelih, daging kambing tersebut dibagikan kepada warga setempat yang tempat tinggalnya berdekatan.

Daging kambing yang sudah dibagikan, biasanya akan diolah menjadi sate kambing. Kamu bisa memilih untuk makan sate kambing dengan bumbu kecap, ataupun bumbu kacang.

Sate kambing selalu menjadi makanan khas saat Idul Adha, yang bisa menambah keeratan keluarga, karena pembuatan sate kambing yang seringkali dilakukan bersama-sama. Kamu juga harus ingat, kalau makan sate kambing jangan sampai terlalu berlebihan, ya!

8. Sop Kambing

sop kambing
ilustrasi sop kaki kambing (flickr.com/pondoksariwangi1)

Selain dibuat menjadi sate, biasanya daging kambing juga akan dibuat sop dengan rasa yang pasti bikin nagih. Bahan-bahan untuk sop biasanya terdiri dari, jeroan, kaki, hingga kepala kambing. Tetapi, kamu bebas memilih untuk memasukkan bagian-bagian kambing yang kamu sukai saja, ke dalam sop. 

Untuk pembuatan sop kambing sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja untuk menghilangkan bau khas dari kambing yang cenderung sulit. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti garam, jeruk nipis, cuka, susu, atau rempah-rempah untuk menghilangkan bau prengus kambing.

9. Sop Iga Sapi

sop iga sapi
ilustrasi sop iga sapi (flickr.com/igedelilakantiana)

Makanan Idul Adha lainnya, yang menggugah selera makan saat Idul Adha, adalah sop iga sapi. Bagi kamu yang kurang suka dengan bau yang keluar dari olahan daging kambing, kamu bisa memilih untuk makan sop iga sapi.

Rasanya juga tidak kalah gurih dan enak dari sop kambing. Sop iga sapi makin enak jika disantap bersama dengan nasi hangat yang baru saja matang.

10. Kambing Oven

kambing oven
ilustrasi kambing oven (flickr.com/mulailapar)

Selanjutnya, ada kambing oven yang juga biasa disajikan saat hari raya Idul Adha tiba. Bagi kamu yang tidak suka dengan makanan yang dibakar ataupun makanan berminyak, kamu bisa membuat kambing oven saat Idul Adha tiba.

Pada proses pembuatan kambing oven, kamu bisa menggunakan daging bagian paha kambing. Bagian paha tersebut lumayan empuk, apabila dimasak dengan cara dioven.

11. Kambing Guling

kambing guling
ilustrasi kambing guling (flickr.com/inadiana)

Jika sate biasanya dimasak dengan potongan daging yang disatukan dalam tusukan, kambing guling bisa kamu masak dengan utuh. Biasanya, kambing guling dimasak di atas arang dengan api yang menyala, diolesi bumbu, dan diputar-putar supaya matang secara merata. Setelah matang, kamu bisa mulai untuk memotong bagian-bagian daging kambing, untuk dibagikan dan dimakan bersama keluarga.

Nah, sudah punya banyak ide makanan untuk menyambut Idul Adha nanti, kan. Saatnya kamu memilih, makanan mana yang akan kamu siapkan, untuk melengkapi perayaan Idul Adha, ya. Yuk, pilih bersama Yummy App!

Baca Juga: ​11 Ide Menu Makanan Arisan yang Jadi Favorit Tamu

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nungki Wardani

Nungki Wardani

Sate Kambing Madura #JajanDiRumah

Sate Kambing Madura #JajanDiRumah

(5.0)

6 langkah

1.0 rb

Artikel Lainnya di kuliner