7 Buah untuk Sakit Tipes yang Aman Dikonsumsi dan Bermanfaat

Full vitamin dan kadar air tinggi baik untuk pasien tipes

7 Buah untuk Sakit Tipes yang Aman Dikonsumsi dan Bermanfaat

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Seseorang dengan kondisi tipes umumnya rentan mengalami iritasi saluran pencernaan. Hal ini membuat penderita tipes memiliki beberapa pantangan makanan agar proses pemulihan dapat berjalan dengan cepat. Salah satunya adalah makanan berserat tinggi yang rupanya sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita tipes.

Hal tersebut lantaran serat yang tinggi membutuhkan usaha ekstra untuk dicerna dengan baik, sehingga dapat memperparah iritasi yang sudah ada.

Sementara untuk penuhi asupan vitamin dan mineral, seseorang dengan kondisi tipes dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang rendah serat. Biasanya buah untuk sakit tipes yang aman merupakan jenis buah-buahan yang memiliki banyak air seperti rekomendasi berikut ini.

1. Jeruk

jeruk buah untuk tipes
ilustrasi jeruk (pixabay.com/NoName_13)

Buah yang dikenal akan vitamin C yang tinggi ini, sangat baik dikonsumsi oleh pasien tipes. Dikutip dari telemed.id, banyaknya kandungan vitamin C pada jeruk dapat memproduksi sel darah putih, sehingga mendukung sistem kekebalan tubuh dalam memerangi patogen yang masuk.

Jeruk juga buah dengan banyak air. Hal ini dapat mempermudah pencernaan untuk mengolahnya.

2. Melon

melon buah untuk tipes
ilustrasi melon (pixabay.com/JillWellington)

Buah untuk sakit tipes selanjutnya, yakni melon. Buah ini memiliki kadar air yang sangat banyak dan serat yang hanya 3%. Meskipun begitu mikronutrien yang terkandung tidak kalah dengan buah lainnya.

Dalam 100 g buah melon mengandung hingga 61% vitamin C. Seperti yang Sobat Yummy tahu, vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang baik dalam memperkuat kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B6 di dalamnya juga bantu memproduksi antibodi untuk meningkatkan imun.

Nutrisi lainnya pada melon yang dapat mempercepat pemulihan tipes, yakni vitamin A, kalium, magnesium, kalsium, serta banyak lagi. Air dalam buah melon juga mencapai 90% dalam 100 gramnya. Hal ini dapat membantu memperlancar pencernaan.

3. Anggur

anggur buah untuk tipes
ilustrasi anggur (pixabay.com/NickyPe)

Buah bulat kecil satu ini juga memiliki banyak nutrisi yang mudarh dicerna. Selain itu, studi dari The New York Academy of Science menyatakan bahwa anggur memiliki sejumlah senyawa resveratrol yang mampu menangkal segala bentuk inflamasi yang disebabkan oleh patogen. Buah bulat ini juga tinggi akan vitamin C dan A dapat mempercepat pemulihan tipes.

Baca Juga: Penuhi Asupan Nutrisi dengan 7 Buah yang Mengandung Asam Folat Ini!

4. Buah naga

buah naga untuk tipes
ilustrasi buah naga (unsplash.com/milada vigerova)

Memiliki daging buah yang lembut dan banyak air, buah naga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik di kala sakit tipes. Buah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, sehingga membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Selain itu, kandungan kalium dan flavonoidnya dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah yang umumnya terjadi saat demam muncul.

5. Semangka

semangka buah untuk tipes
ilustrasi semangka (pixabay.com/Vivacia)

Buah dengan kandungan air 92% per 100 gramnya ini, membantu cegah dehidrasi dan memulihkan kadar air yang hilang saat tubuh sedang sakit. Serat yang rendah dalam buah ini juga memudahkan pencernaan untuk memecahnya. Vitamin A dan C berperan sebagai antioksidan alami untuk perangi radikal bebas.

6. Blewah

blewah buah untuk tipes
ilustrasi blewah (wikimedia.org)

Buah selanjutnya yang dapat membantu pemulihan pasien tipes, yakni blewah. Dikutip dari Hello Sehat, buah yang identik dimanfaatkan untuk pembuatan es buka puasa ini, kadar airnya mencapai 90% dalam 100 gramnya.

Aneka vitaminnya juga sangat tinggi, terlebih vitamin A dan C yang tak diragukan lagi perannya sebagai daya tahan tubuh. Selain itu, blewah juga ampuh dalam menurunkan tekanan darah.

7. Aprikot

aprikot buah untuk tipes
ilustrasi aprikot (pixabay.com/1195798)

Selanjutnya buah yang bagus dikonsumsi bagi penderita tipes, ialah aprikot. Buah ini selain banyak kadar airnya, juga tinggi akan folat. Senyawa ini dapat mencegah kekurangan darah yang rentan terjadi saat tubuh lemah, dan berperan dalam membentuk sel-sel tubuh.

Rasa manis dari blewah juga dapat menjadi energi untuk tubuh yang sedang sakit. Tidak perlu ditanya lagi akan perannya dalam meningkatkan imun tubuh. Hal ini karena buah blewah kaya akan kandungan vitamin.  

Penuh vitamin, membuat buah-buahan untuk sakit tipes di atas membantu pemulihan lebih cepat. Kadar airnya yang tinggi juga membantu proses pencernaan dan mendehidrasi tubuh. Tapi jangan lupa untuk menyeimbangkan dengan makanan lainnya yang kaya nutrisi, ya!

Baca Juga: 8 Buah untuk Penderita Diabetes, Tak Mengancam Gula Darah!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Siti Mudrikah

Siti Mudrikah

Jus Semangka Jeruk

Jus Semangka Jeruk

(5.0)

10 mnt

402

Artikel Lainnya di nutrisi