Berapa Kalori Roti Tawar? Ini Kandungan Gizi dan Tips Membuatnya

Beda jenis roti tawar, beda pula jumlah kalorinya

Berapa Kalori Roti Tawar? Ini Kandungan Gizi dan Tips Membuatnya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Apakah Sobat Yummy termasuk tim sarapan dengan roti tawar?

Roti tawar yang berserat dan mudah didapat menjadi salah satu pilihan untuk sarapan atau camilan sehari-hari bagi banyak orang.

Namun, sebelum mengonsumsinya, penting bagi Sobat Yummy untuk mengetahui kandungan gizi dan jumlah kalori roti tawar. Penasaran? Langsung simak uraiannya di bawah ini, yuk!

Jumlah Kalori Roti Tawar

Roti tawar menjadi salah satu sumber karbohidrat yang umum dikonsumsi. Kalori dalam roti tawar bervariasi tergantung pada jenis roti yang dipilih.

Roti tawar yang lebih tebal atau dengan tambahan biji-bijian dan kacang-kacangan biasanya mengandung lebih banyak kalori. Sementara itu, roti tawar yang lebih tipis atau dengan jenis roti gandum utuh cenderung mengandung lebih sedikit kalori.

Melansir FatSecret, berikut kalori roti tawar berdasarkan jenis rotinya:

  • Selembar roti tawar (37 gram): 100 kkal
  • Selembar roti tawar gandum (37 gram): 90 kkal
  • Selembar roti tawar kupas (20 gram): 50 kkal
  • Selembar roti tawar susu lembut (43 gram): 120 kkal

Untuk mengontrol asupan kalori dari roti tawar, kita perlu memperhatikan ukuran potongan yang dikonsumsi.

Bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, roti gandum dianggap lebih bermanfaat untuk menu diet. Karena menawarkan serat dan protein yang lebih tinggi, di samping rendah kalori.

Namun, jika kamu ingin memilih roti tawar putih, tidak perlu khawatir. Konsumsi dalam jumlah moderat tidak akan memengaruhi kenaikan berat badan, kok.

Kandungan Gizi Roti Tawar

kandungan gizi roti tawar
ilustrasi roti tawar (pexels.com/Cats Coming)

Selain kalori, roti tawar juga mengandung berbagai macam zat gizi penting, di antaranya:

1. Karbohidrat

Roti tawar adalah sumber utama karbohidrat, yang dapat memberi energi untuk tubuh. Karbohidrat kompleks dalam roti tawar juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

2. Serat

Roti tawar yang dibuat dari gandum utuh mengandung serat yang tinggi. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengontrol gula darah.

3. Protein, Vitamin, dan Mineral

Meskipun kadar proteinnya tidak setinggi protein dalam daging atau kacang-kacangan, roti tawar tetap mengandung protein yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Tak hanya itu, roti tawar biasanya diperkaya dengan vitamin dan mineral seperti vitamin B, zat besi, dan seng.

4. Lemak

Jumlah lemak dalam roti tawar umumnya rendah, sekitar 1 gram, terutama jika memilih varian roti tawar tanpa tambahan mentega atau margarin. Untuk pilihan roti tawar bebas kolesterol, maka roti tawar dari gandum lebih disarankan.

Baca Juga: Inovasi Olahan Roti Tawar untuk Menu Sarapan Sehat

Manfaat Roti Tawar Bagi Tubuh

Roti tawar menawarkan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebagai sumber energi, karbohidrat dalam roti tawar memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktivitas sehari-hari.

Selain itu, roti tawar dapat menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit karena kaya serat. Serat dalam roti tawar juga turut memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan.

Tips Membuat Roti Tawar Rendah Kalori

tips membuat sandwich roti tawar
ilustrasi sandwich roti tawar (pexels.com/freestocks.org)

Nah, Sobat Yummy bisa coba tips berikut untuk membuat hidangan roti tawar yang rendah kalori.

1. Pilih roti gandum utuh

Roti tawar yang terbuat dari gandum utuh mengandung serat yang lebih tinggi dan lebih rendah kalorinya daripada roti putih biasa. Serat sulit dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

2. Hindari roti yang diolah secara berlebihan

Usahakan memilih roti yang tidak mengandung pengawet atau bahan tambahan berlebih. Jika sedang mengontrol asupan kalori, sebaiknya hindari atau kurangi penggunaan mentega atau selai pada roti tawar.

Roti tawar memang memiliki kalori yang tergolong rendah, disertai kandungan gizi penting bagi tubuh. Dengan menjaga porsi dan memilih jenis roti yang tepat, kamu dapat menikmati manfaat roti tawar tanpa khawatir terlalu banyak kalori, deh!

Baca Juga: 10 Resep Sandwich Buah Simple, Enak dan Sehat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rindang 12

Rindang 12

Egg Mayo Bread Toast

Egg Mayo Bread Toast

(5.0)

8 mnt

1.4 rb

Ratna Puspita

Ratna Puspita

Setup Roti Tawar

Setup Roti Tawar

(5.0)

15 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi